Jakarta (Antara News) - Research In Motion (RIM) meluncurkan ponsel pintar BlackBerry Bold 9900 dengan sistem operasi terbaru BlackBerry 7 di FX Senayan Jakarta pada Senin (15/8).

RIM mengklaim BlackBerry Bold 9900 adalah ponsel pintar BlackBerry tertipis yang pernah dibuat dengan ketebalan hanya 10,5 mm dan ponsel pintar RIM pertama yang menawarkan kombinasi keyboard dan integrasi layar sentuh.

Hastings Singh, Wakil Presiden RIM Wilayah Asia Selatan, mengatakan bahwa ponsel pintar ini akan menawarkan pengalaman komunikasi terbaik, browsing lebih cepat, dan kemampuan multimedia yang lebih banyak.

"Ini (BlackBerry Bold 9900) adalah BlackBerry tertipis yang pernah dibuat dengan sistem operasi BlackBerry terbaru yang menawarkan pengalaman baru," katanya.

BlackBerry Bold 9900 merupakan ponsel pintar RIM pertama yang menunjang NFC (Near Field Communication), sebuah teknologi baru yang mempersingkat transfer data dan meningkatkan produktifitas kerja.

Ponsel pintar itu menggunakan  prosesor ARM 1,2 GHz, RAM 768MB dan penyimpanan 8GB flash dapat (diupgrade dengan sampai 32GB microSD) serta dukungan  jaringan data berkecepatan tinggi HSDPA+ (14.4 mbps), dan quad-band GSM/ konektivitas EDGE, serta dual-band WiFi (2,4 GHz 802.11 b/g/n dan 5 802.11 GHz sebuah/n).

BlackBerry Bold 9900 memiliki kamera 5 mega pixel, dengan dukungan perekaman video 720p HD,  stabilisasi gambar.

Ponsel pintar yang terbuat dari material stainless stell itu mulai akan tersedia pada akhir September dengan harga Rp5,999.juta melalui distributor-distributor resmi Indonesia, PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular dan PT Selular Media Infotama.

Dalam kesempatan itu, RIM juga memperkenalkan BlackBerry 9860 dan 9810 yang juga menggunakan sistem operasi BlackBerry 7.

BlackBerry 7

BlackBerry 7 yaitu sistem operasi terbaru dari BlackBerry yang menggunakan browser BlackBerry terbaru dengan kecepatan tinggi karena menggabungkan performa Webkit browser engine dan hardware terbaru. Browser-nya juga sudah mendukung elemen HTML 5.

"Dengan OS terbaru ini, ponsel pintar BlackBerry dapat menghasilkan kemampuan browsing 40 % lebih cepat dari BlackBerry OS 6 dan 100 % lebih cepat dari BlackBerry OS 5," katanya.

Tak hanya itu, BlackBerry OS 7 juga menyematkan fitur teknologi Liquid Graphics yang menggabungkan prosesor grafis berpeforma tinggi dengan CPU berkecepatan tinggi sehingga menghasilkan layar sentuh antar muka yang reponsif, desain grafis yang halus.

Sistem operasi terbaru itu juga menghadirkan beberapa aplikasi yang secara fungsional langsung terintegrasi seperti aplikasi Documents To Go versi Premium secara gratis sehingga pengguna bisa langsung melakukan penyuntingan dokumen dan aplikasi itu bisa membaca file PDF.

RIM sangat memperhatikan keamanan data para penggunanya, karena itu pada OS terbarunya, RIM menyematkan aplikasi BlackBerry Balance untuk membuat pengguna BlackBerry lebih aman menyimpan data pribadi.

"Jika pada OS sebelumnya pengguna hanya bisa membaca file pada aplikasi Documents To Go. Maka dengan OS terbaru ini, pengguna bisa langsung mengedit tulisan," katanya.

Berikut adalah fitur dan spesifikasi BlackBerry Bold 9900 :
   
* Size : 115 x 66 x 10.5 mm, approximately 130g
* Display : 2.8″ capacitive touch screen display – VGA (640×480), 287 dpi resolution
* Keyboard : Ultra-easy QWERTY keyboard, optical trackpad
* CPU : 1.2 GHz Processor
* Memory : 768 MB RAM; 8 GB on-board memory, plus microSD slot supporting up to 32 GB cards
* Camera : 5.0 MP camera, supports 720p HD video recording
* Accelerometer/Magnetometer : Orientation Sensor (Accelerometer), Digital Compass (Magnetometer), Proximity Sensor
* GPS : Built-in GPS / aGPS
* Wifi : Dual-Band Wi-Fi – 802.11 b/g/n at 2.4 GHz and 802.11 a/n at 5 GHz
* Bluetooth : Bluetooth® 2.1+EDR support
* Operating System : BlackBerry 7 OS
* Battery : 1230 mAh removable, rechargeable battery

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011