Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan kinerja industri di sektor-sektor lain.

"Mengingat sektor otomotif melibatkan banyak sektor pendukung, maka membaiknya sektor industri otomotif secara otomatis meningkatkan kinerja industri lainnya," ujar Hanung saat pembukaan Road to Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 secara virtual, Selasa.

Mengutip data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Hanung mengatakan industri otomotif di tahun 2021 mengalami pertumbuhan yang sangat baik yakni 67 persen, dengan penjualan mobil sebanyak 887.200 unit. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni 532.407 unit.

Baca juga: Harga tiket IIMS 2022 tidak akan naik

Baca juga: Ketua MPR minta IIMS 2022 gandeng UMKM


"Penyerapan tenaga kerja pada sektor industri otomotif juga sangat tinggi, yaitu 1,5 juta tenaga kerja. Ke depan, kita perlu kembangkan model industri bisnis yang melibatkan para pelaku koperasi dan UKM," imbuh Hanung.

Untuk itu, Hanung mengatakan, pemerintah melalui Kemenkop UKM sangat mengapresiasi Indonesia IIMS Hybrid 2022. Gelaran tersebut diharapkan dapat mendukung industri otomotif di Indonesia untuk tumbuh lebih cepat dan mendorong pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19.

"Dan, semoga seluruh UKM yang terlibat dapat tumbuh lebih cepat seiring tumbuhnya ekonomi dan penanganan pandemi COVID-19 yang lebih baik," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga menyampaikan apresiasinya terhadap ajang pameran otomotif berskala internasional tersebut.

"Kami turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap segenap pendukung IIMS sehingga pameran ini bisa kembali hadir meski di tengah pandemi secara hybrid, yang telah selaras dengan strategi Kemenparekraf yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, serta penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," tutur Sandi.

Pandemi COVID-19 sudah memasuki tahun ketiga. Untuk itu, Sandi mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif melakukan pencegahan COVID-19.

"Mari dukung upaya vaksinasi sambil terus mematuhi protokol kesehatan. Semoga kita bisa kembali beraktivitas seperti semula agar kita bisa gembira mengunjungi pameran seperti sedia kala, bangkitkan ekonomi, buka peluang usaha dan lapangan kerja," pungkasnya. IIMS Hybrid 2022 akan berlangsung pada 31 Maret hingga 10 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Road to IIMS Hybrid 2022 wadah promosi jelang puncak acara

Baca juga: PPKM naik level, IIMS 2022 diundur satu bulan

Baca juga: IIMS 2022 pasang target penjualan Rp3 triliun
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022