Ketiga mantan pemimpin negara itu sangat dan akrab.....
Jakarta (ANTARA News) - Mantan presdien, BJ Habibie, disapa dan mengobrol singkat dengan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, sebelum sidang pleno bersama DPD dan DPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa. Habibie duduk di barisan depan kursi kehormatan di salah satu sisi bangunan bersejarah Indonesia itu, untuk menghadiri pidato kenegaraan Presiden Susilo Yudhoyono pada siang itu.

Berlainan dengan Habibie, penerusnya, mantan presiden Megawati Soekarnoputri, tidak hadir dalam sidang yang dipimpin Ketua DPD, Irman Gusman. Hal ini sebetulnya sudah sering terjadi pada Megawati yang tidak hadir dalam banyak undangan kenegaraan semacam itu.

Selain Habibie yang tampil dalam busana resmi, mantan wakil presiden, Try Sutrisno, dan mantan wakil presiden, M Jusuf Kalla, juga duduk di barisan sama dengan ahli konstruksi pesawat terbang dan rekayasa teknologi itu. Selain itu juga hadir mantan Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita.

Di tribun VIP Gedung Parlemen itu, Habibie duduk berdampingan dengan Try Sutrisno dan Jusuf Kalla. Beberapa kali Habibie terlibat perbincangan santai bersama Sutriso dan Kalla. Ketiga mantan pemimpin negara itu sangat dan akrab.

Masih di tribun VIP yang sama, pada sisi lain Ani Yudhoyono duduk berdampingan dengan Ny Herawati Boediono, Ny Marzuki Alie serta Ny Irman Gusman.

Pidato kenegaraan sesuai tradisi menyambut kemerdekaan Indonesia itu sangat strategis karena akan menjadi ajang penyampaian nota keuangan negara oleh presiden untuk setahun ke depan dalam bentuk APBN dengan sejumlah asumsinya.

Dalam pidatonya Gusman menyatakan, dalam pilihan sistim pemilihan ternyata tidak mampu menyerap keinginan daerah. Hal itu memunculkan gejala konflik dan kekerasan di mana-mana karena hak-hak daerah serta masyarakat minoritas termarjinalkan. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011