Jakarta (ANTARA) - Perangkat headset AR/VR Apple Glasses berpotensi dirilis pada 2022 setelah sumber dari rantai pasokan di Taiwan menyebutkan perangkat itu sudah melewati tahapan Tes Validasi Teknik (EVT2).

Masih ada satu langkah lagi yang harus dilewati perangkat itu untuk bisa akhirnya dirilis yaitu melewati Tes Validasi Desain (DVT) yang apabila lulus, tentunya perangkat ini bisa dirilis pada 2022.

Melansir PhoneArena, Rabu, Apple sejak beberapa tahun terakhir memang sudah menyiapkan headset AR/VR untuk menyambut masa depan teknologi.

Baca juga: Produk-produk Apple yang dinanti hadir di 2022

Kehadiran Headset AR/VR Apple diharapkan dapat meningkatkan pengalaman konsumen mereka terutama dalam hal hiburan.

Meski memungkinkan untuk rilis pada 2022, analis teknologi bernama Mark Gurman memprediksi perangkat itu belum akan dirilis hingga 2023.

Rencananya kacamata AR/VR Apple akan dibanderol seharga 3000 dolar AS atau setara Rp43 juta dengan spesifikasi di antaranya memiliki layar beresolusi 8K.

Kacamata itu akan dilengkapi dengan chip paling mumpuni dari Apple sehingga perangkat dapat digunakan secara mudah tanpa perlu terhubung ke perangkat lainnya seperti komputer.

Selain itu, kabar lainnya yang beredar bahwa perusahaan LG Innotek akan memasok modul 3D time of flight (ToF) untuk kacamata canggih Apple itu.

Terakhir, spesifikasi terbaru lainnya datang dari analis Apple lainnya Ming Chi Kuo yang menyebut kacamata canggih itu akan dilengkapi dengan konektivitas WiFi 6E.

Nantinya jika produk itu benar- benar dirilis pada 2022, maka produk Apple itu akan bersaing dengan produk serupa yang dikeluarkan Meta serta Sony.

Baca juga: Siapkan tabungan, "wearable" ini meluncur tahun depan

Baca juga: Apple uji coba produksi lensa kacamata pintar

Baca juga: Bocoran Apple Glasses, mirip kacamata biasa dengan dukungan 5G

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022