Jakarta (ANTARA) - Para bikers kini sudah semakin dimudahkan dalam hal berkomunikasi pada saat melakukan perjalanan jauh, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi CHAIN dari Ruroc yang mampu menyatukan berbagai merk perangkat agar pengendara bisa tetap berkomunikasi.

Dikutip dari Ride Apart, Rabu, aplikasi CHAIN ​​mampu menyatukan berbagai platform dari beberapa merek perangkat komunikasi melalui teknologi Voice Over Internet Protocol (VOIP).

Aplikasi seperti Discord, Skype, dan WhatsApp sudah menggunakan koneksi berbasis internet untuk membantu pengguna tetap terhubung. Dalam bentuk CHAIN, VOIP membantu pengendara menghubungkan unit komunikasi yang diproduksi oleh berbagai merek.

Teknologi itu juga mengangkat batas ukuran grup maksimum yang diberlakukan oleh banyak komunikator Bluetooth. Pengendara cukup bergabung dengan grup CHAIN ​​setelah mereka menerima kode enam digit yang ditentukan.

Berkat VOIP, komunikasi pengendara tetap tidak terganggu bahkan ketika kendaraan besar, gedung, jarak, atau penghalang alam seperti bukit atau belokan memisahkan rombongan dalam perjalanan.

Namun, karena VOIP bergantung pada data seluler dan akses internet, sinyal bisa turun jika grup melakukan perjalanan ke wilayah terpencil. Untuk alasan itu, CHAIN ​​mungkin akan menjadi solusi yang bagus untuk pengendara perkotaan atau pinggiran kota.

Selain itu, jangkauan seluler tidak konsisten di berbagai operator, jadi tetap berpegang pada jalur yang biasa mungkin merupakan pilihan terbaik. Aplikasi CHAIN ​​gratis untuk diunduh di App Store Apple sekarang dan akan segera tersedia di Google Play store.

Baca juga: Kawasaki kembangkan kamera untuk sistem keselamatan di H2 SX

Baca juga: Bold Riders gelar RideXperience jelajah Pulau Sumatera

Baca juga: Kemenhub gelar touring mobil listrik Jakarta-Jambi


 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022