Jakarta (ANTARA) - Moona Hoshinova dari hololive Indonesia menembus rekor baru dengan menjadi YouTuber virtual Indonesia pertama yang menembus angka 1 juta pelanggan per 22 Februari 2022.

Dikutip dari siaran resmi, Rabu, Moona adalah VTuber dengan pelanggan terbanyak di dunia nomor 30 saat ini, nomor 1 di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Moona adalah anggota hololive Indonesia, grup VTuber di bawah naungan hololive production yang memiliki lebih dari 60 juta penggemar global, generasi pertama dengan debut perdananya yang dirilis pada 11 April 2020.

Penggemarnya tak cuma datang dari Indonesia, tapi juga dari mancanegara. Moona Hoshinova digambarkan sebagai figur seorang mahasiswi merangkap model dan idola yang terjun ke dunia Vtuber. Ekspresinya datar tapi sebenarnya penakut.

Baca juga: Yokoyama Yui umumkan lulus dari AKB48 setelah 12 tahun bersama

Baca juga: RADWIMPS siap helat konser virtual global "SHIN SEKAI: nowhere"


"Untuk merayakan 1 juta subscribers yang berhasil dijangkaunya hampir 2 tahun sejak debut Moona dirilis, Moona ingin membuat rangkaian acara spesial dimana ia rencananya akan menghibur penonton selama 24 jam non-stop di YouTube pada bulan Maret mendatang," kata hololive dalam keterangan resmi, Rabu.

Moona juga dikenal sebagai VTuber yang berbakat dalam bernyanyi terutama genre pop rock dan balada.

Setiap bulannya Moona mengadakan streaming khusus karaoke di channelnya yang diberi nama #MoonUtau, atau dalam bahasa Jepang artinya "Sang Bulan Bernyanyi", dan pada Februari 2021, ia pertama kali merilis lagu originalnya dalam bahasa Jepang, "Ai no Chiisana Uta" yang kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali di YouTube dan 800 ribu kali di Spotify.

Pada ulang tahun yang jatuh pada 15 Februari 2022, dia merilis lagu kedua berjudul "High Tide". Berbeda dengan lagu pertama bertema cinta dengan genre balada, lagu kedua ini bertempo lebih cepat dan mengusung kisah fantasi. Lagu dan liriknya dibuat komposer ZSunder yang berbasis di Timur Tengah.

"High Tide" bercerita tentang seorang dewi yang sangat dipuja oleh banyak orang, kecuali seorang manusia yang belum terhasut. Lalu dewi ini pun berupaya menunjukkan kehebatannya kepada manusia tersebut hingga akhirnya ia pun mempercayai kehebatan dewi tersebut pada akhirnya.

Dewi dan manusia di dalam lagu ini ibaratnya seperti Moona dan para penggemarnya. Peluncuran "High Tide" adalah salah satu rangkaian acara ulang tahun Moona yang akan dilanjutnyan dengan streaming Totsumachi (aktivitas menunggu telepon dari teman saat merayakan sesuatu, sebagai analogi mengunjungi pesta), penualan pernak-pernik baru, sesi karaoke dan streaming istimewa.

Baca juga: Para pengisi AFA Online 2020, mulai dari 22/7 hingga Moona Hoshinova

Baca juga: Fujii Kaze masukkan interpretasi artis Asia lewat album remix "Kirari"

Baca juga: "Zankyosanka" Aimer nomor 1 di Billboard Japan Hot 100

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022