New York (ANTARA News) - Aktor Richard Gere dikenal sangat baik dalam karir aktingnya tetapi siapa sangka ternyata ia juga seorang musisi tanggung, yang memiliki banyak koleksi gitar yang akan dijual pada sebuah lelang pada Oktober mendatang, kata balai lelang Christie pada Rabu (17/8).

Seperti diwartakan oleh Reuters, bintang dari film "Pretty Woman", "An Officer and a Gentleman" dan "Chicago," itu, dikabarkan telah menghabiskan dua puluh tahun terakhir ini untuk menambah koleksinya itu.

Koleksinya itu mulai dari merek sperti C>F Martin,Gibson dan Fender dan sebuah instrumen yang pernah dimiliki oleh gitaris Blues Albert King, musisi reggae Jamaika Peter Tosh dan pembuat gitar terkenal asal Amerika James D'Aquisto.

"Apa yang terjadi sepanjang hidup merupakan sebuah perwakilan dari ensiklopedi dari pembuatan gitar Amerika," kata Kerr Keane, kepala balai lelang Christie untuk departemen instrumen musik.

"Ini merupakan kesempatan yang menarik bagi para kolektor dan penggemar untuk memiliki manfaat dari bakat Gere yang tak terungkap guna menciptakan sebuah koleksi yang berpadu," katanya.

Lelang yang akan dilangsungkan di kota New york pada 11 oktober akan menyertakan nilai 110 lot yang mendekati 1 milyar dolar. sebuah gitar listrik Gibson Flying V tahun 1958  dengan solid-body yang pernah dimiliki King diperkirakan akan terjual hingga 90 ribu dolar.

Koleksi terbaik lainnya adalah sebuah gitar a 1931 C.F. Martin D-28, yang merupakan gitar buatan pabrikan Martin yang paling dicari, yang diperkirakan seharga 50 hingga 70 ribu dolar.

Koleksi gitar Gere itu dihasilkan dari kecintaan sejak lamanya terhadap musik yang dimulai dengan terompet sebelum ia melatih dirinya bermain gitar dan piano.

"Mereka telah menjadi teman sejati saya pada saat terbaik dan terburuk. Saya tak pernah berencana memilikinya secara bersamaan. Saya hanya membelinya satu yang saya suka, yang suaranya bagus dan nyaman untuk dimainkan," Ujar Gere dalam sebuah pernyataan.

"Beberapa sangat istimewa. Meskipun sedikit menyakitkan untuk melepasnya. Masing-masing telah dimainkan, dicintai dan dihargai - dan akan berulang lagi."

Gere mengatakan hasil lelang itu akan disalurkan untuk mendukung kasus kemanusiaan yang terjadi diseluruh dunia.(yud)
 

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011