Jakarta (ANTARA) - Milan Fashion Week dibuka dengan sajian peragaan busana oleh rumah mode asal Italia Fendi yang mengambil inspirasi gaya dari mendiang Karl Lagerfeld pada Rabu (23/2) waktu setempat.

Direktur kreatif Fendi, Kim Jones, mengatakan inspirasi tersebut muncul setelah dia melihat desainer perhiasan Delfina Delettrez mengenakan blus Memphis-print tua milik sang ibu.

Baca juga: Fendi tampilkan siluet feminin di Milan Men's Fashion Week

Jones sendiri bekerja bersama ibu Delettrez dan Silvia Venturini Fendi, keluarga pendiri merek Fendi yang berbasis di Roma.

Ia secara khusus mengadaptasi dua koleksi yang dirancang oleh Lagerfeld, yakni Fendi's Spring/Summer 1986 dan Autumn/Winter 2000. Jones merancang ulang cetakan dan gaya dari pendahulunya itu.

"Tempat terbaik untuk menjelajahi arsip Fendi adalah melalui 'lemari pakaian' Fendi. Dan ini adalah koleksi yang, meskipun berasal dari masa lalu, terasa masih relevan," kata Jones, dikutip dari Reuters pada Kamis.
Seorang model mengenakan koleksi fesyen Fendi Fall/Winter 2022-2023 di Fashion Week di Milan, Italia, Rabu, 23 Februari 2022. (Foto AP/Antonio Calanni)


Baca juga: Giorgio Armani batalkan peragaan busana di pekan mode Milan

Model Bella Hadid membuka peragaan busana Fendi dengan mengenakan gaun slip sifon merah muda pucat, dipadukan dengan jaket bulu dan sarung tangan kasmir hijau panjang.

Dalam Milan Fashion Week, desainer Jones menampilkan koleksi berbahan sifon dan wol, termasuk atasan berbahan tipis atau tembus pandang, celana panjang dan jumpsuits, dilengkapi dengan hiasan tambahan atau pola bergelombang.

Para model juga mengenakan celana panjang kotak-kotak, rok berpinggang tinggi, dan kemeja seperti korset. Selain itu ada pula jaket yang tampak seperti dipotong, celana yang ramping, dan ikat pinggang dengan kantong.

"Ini pakaian-pakaian yang dirancang untuk setiap aspek kehidupan perempuan, untuk setiap generasi. Dan semua inspirasi itu dimulai saat melihat pakaian yang dikenakan Delfina," ujar Jones.

Untuk aksesori, Venturini Fendi menandai 25 tahun kehadiran tas Baguette dengan menampilkannya kembali dalam bahan kasmir, kulit domba (shearling), dan bulu cerpelai.

Milan Fashion Week berlangsung mulai 23 hingga 28 Februari. Pekan mode ini terselenggara setelah momen New York dan London Fashion Week belum lama ini. Selain Fendi, sebagian besar merek tampil secara langsung pada musim ini, termasuk Prada, Versace, Giorgio Armani, dan Dolce & Gabbana.


Baca juga: KBRI Roma: Wastra Nusantara ikut perkuat diplomasi Indonesia

Baca juga: JYK padukan nuansa punk dan Batik Durian di Milan Fashion Week 2021

Baca juga: Maquinn harumkan Indonesia lewat "Fashion Film Realm of Silence"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022