Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Festival Film Internasional Toronto (TIFF) pada Kamis (25/2) waktu setempat mengatakan pihaknya berencana untuk menggelar rangkaian acara secara tatap muka untuk edisi ke-47 pada 8-18 September.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Jumat, rangkaian acara tersebut termasuk malam pembukaan, konferensi industri, jamuan makan malam bagi para pembuat film, pertemuan bagi pelaku industri film, konferensi pers, dan acara puncak penghargaan TIFF.

Sebelumnya pada tahun lalu, sebagian rangkaian acara TIFF diselenggarakan secara virtual dan hybrid selama dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Film pembuka Berlinale eksplorasi kuasa dan kontrol di era #MeToo

Pada tahun lalu, TIFF mengadakan pemutaran film secara langsung dengan kapasitas penonton yang dibatasi serta tamu undangan luar negeri yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan acara sebelum pandemi.

Rencana untuk menggelar acara secara tatap muka pada September datang ketika kasus COVID-19 di Ontario, Kanada, dilaporkan mulai berkurang.

Hingga saat ini, pihak penyelenggara TIFF belum memberi bocoran mengenai jumlah film yang akan masuk dalam jajaran tahun ini.

CEO TIFF Cameron Bailey akan bertugas untuk memilih jajaran film yang akan dipresentasikan di gala festival di Roy Thomson Hall, Kanada.

TIFF pada Kamis (24/2) juga mengumumkan penambahan lima kurator film baru yang akan menjadi bagian dari tim inti, termasuk di antaranya Robyn Citizen yang ditunjuk sebagai direktur program festival dan Cinematheque TIFF dan Andréa Picard telah menjadi kurator senior TIFF dan Cinematheque.

Baca juga: Festival Film Internasional Hong Kong ditunda

Baca juga: "Ito", perjalanan mencari makna keluarga dan jati diri

Baca juga: Festival Film Berlin catat 54 kasus positif COVID dari 2.700 tes

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022