Jakarta (ANTARA) - Laga playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan digelar di Doha, Qatar, pada 7 Juni mendatang, demikian diumumkan konfederasi sepak bola Asia, AFC, Jumat.

Pemenang playoff itu tidak serta merta mendapatkan tiket putaran final Piala Dunia 2022 tetapi harus terlebih dulu menghadapi negara peringkat kelima kualifikasi zona Amerika Latin (CONMEBOL) pada 13 atau 14 Juni juga di Qatar.

Dalam laman resminya, AFC menyatakan Qatar dipilih sebagai lokasi pertandingan playoff zona Asia "demi memastikan dua calon wakil Asia mendapatkan dukungan optimal dalam persiapan sebelum playoff antarbenua".

Baca juga: Iran jadi wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022

Kualifikasi zona Asia sudah memastikan dua negara mendapat tiket putaran final yakni Iran dan Korea Selatan yang lolos dari Grup A guna menyusul tuan rumah Qatar.

Playoff zona Asia nantinya akan mempertemukan tim-tim peringkat ketiga Grup A dan B.

Di Grup A tiga tim masih berpeluang untuk tampil di playoff tersebut yakni Uni Emirat Arab yang saat ini menempati peringkat ketiga dengan koleksi sembilan poin, Lebanon (6) dan Irak.

Sementara di Grup B, meski belum ada negara yang sudah mencetak tiket putaran final hanya tiga tim yang berpeluang lolos ke Qatar yakni Arab Saudi sebagai pimpinan grup sementara dengan 19 poin, Jepang (18) dan Australia (15).

Baca juga: Jepang tekuk Saudi 2-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2022

Dua dari tiga negara itu akan langsung melenggang ke putaran final, sementara tim peringkat ketiga akan bertemu UEA, Lebanon atau Irak.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia masih menyisakan dua putaran pertandingan lagi yang dijadwalkan berlangsung pada 24 dan 29 Maret nanti.

Irak wajib menang saat menghadapi UEA pada 24 Maret apabila ingin memelihara asa meraih tiket playoff dari Grup A.

Sementara di Grup B pertemuan Australia kontra Jepang pada 24 Maret bisa memberi keuntungan bagi Arab Saudi yang pada saat bersamaan menghadapi China dan berpeluang mengunci satu tiket putaran final.

Baca juga: Playoff antarbenua Piala Dunia 2022 hanya satu leg

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022