Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo membuka opsi rencana jangka panjang untuk meningkatkan akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Minahasa Utara saat ia meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, Jumat.

Sembari menjabarkan manfaat berfungsi-nya Tol Manado-Bitung bagi masyarakat di sekitar jalan sepanjang 39,8 km tersebut, Presiden juga menyatakan terbuka atas wacana menambahkan akses menuju Likupang apabila kawasan di Sulut itu dengan keunggulan pariwisata itu lebih siap.

"Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung dan juga nantinya kita arahkan menuju ke Likupang, apabila Likupang sudah selesai semuanya," kata Presiden dalam sambutan peresmian yang disiarkan langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulut Olly Dondokambey sempat melaporkan perkembangan terkini KEK Pariwisata Likupang yang pekan lalu disambangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Menparekraf kala itu melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan resort The Pulisan di KEK Likupang pada Rabu (16/2) pekan lalu.

Baca juga: Presiden resmikan tuntasnya pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung

Baca juga: Jokowi sentil birokrasi PLN saat resmikan dua PLTA di Sulawesi


"Kami sama Menteri Pariwisata kemarin sudah peletakan batu pertama pembangunan hotel dan marina. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat pariwisata Sulawesi Utara maju kembali," kata Gubernur Olly.

Sebagai informasi KEK Likupang ditetapkan berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 84 tahun 2019.

Bersamaan dengan peletakan batu pertama The Pulisan pada Rabu (16/2) lalu, Menparekraf Sandiaga menyatakan pembangunan itu sebagai langkah untuk menjadikan Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP).

Menparekraf mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur DSP termasuk Likupang ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2023.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022