Glenn Fredly fasilitasi Rumah Beta untuk seniman

Glenn Fredly fasilitasi Rumah Beta untuk seniman

Glenn Fredly. (ANTARA)

Ambon (ANTARA News) - Musisi ternama asal Maluku, Glenn Fredly, memfasilitasi sebuah rumah untuk para seniman kota Ambon yang diberi nama "Rumah Beta". Rumah tersebut terletak di negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe kota Ambon.

"Rumah Beta" kita jadikan sebagai bengkel seni bagi para seniman di kota Ambon dan Maluku. Seniman siapa saja dapat menggunakan Rumah Beta, mau berlatih nyanyi, lukis, puisi, tari sampai bedah buku silahkan menggunakan rumah tersebut," kata Glenn kepada ANTARA News, di Ambon, Minggu.

Menurut Glenn, tujuan pendirian "Rumah Beta" agar seniman asal daerah ini bisa menghasilkan berbagai karya seni terbaik dan mampu mengharumkan nama Maluku baik nasional maupun internasional di bidang seni dan budaya," ujarnya

"Ide membuat 'Rumah Beta' sangat sederhana, setiap pulang ke Ambon saya melihat banyak teman-teman berlatih vokal, puisi di emperan kantor, rumah ibadah dan di taman mempersiapkan diri mengikuti sebuah lomba," katanya.

Ia mengakui bakat seni generasi muda kota Ambon dan Maluku cukup banyak terutama bidang tari suara, sayangnya belum ada fasilitas yang dijadikan tempat untuk berlatih.

"Rumah Beta" akan dilengkapi dengan bebagai sarana pendukung seperti studio rekaman serta berbagai peralatan seni.Saya berharap lewat Rumah Beta akan lahir seniman terkenal dari daerah ini, terutama penyanyi,"ujar Glenn.

Glenn mengungkapkan, Rumah Beta juga setiap bulannya akan menggelar konser seni untuk menghibur warga kota terutama warga negeri Amahusu.

"Kita sudah menjdawalkan kegiatan konser seni satu bulan sekali oleh teman-teman seniman baik itu penyanyi lokal, kelompok Band, sanggar tari, " kata Glenn menjelaskan.

"Rumah Beta" juga akan dijadikan sebagai tempat persiapan pagelaran konser "Beta Maluku" yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang kecamatan Sirmau tanggal 2 Oktober 2011.

Konser "Beta Maluku" didukung lebih dari seratus orang seniman terdiri dari penyanyi, musisi, penari dan budayawan asal Maluku

Glenn Fredly yang menyutradarai Konser Beta Maluku mengakui, sejumlah artis terkenal asal daerah ini yang sudah memastikan diri untuk hadir pada konser tersebut antara lain Bob Tutupoly, Beny Likumahua, Harvey Malaiholo, Jopi Lattul, George Lewakabessy, Barry Likumahua, Aldi Likumahua dan Audry Papilaya, juga ambil bagian dalam konser bertajuk Nyanyian Damai untuk Indonesia itu.

Konser Beta Maluku juga didukung oleh tim kreatif Butet Kartaredjasa, Agus Noor, dan Djaduk Ferianto.

Beta Maluku juga didukung desainer busana Samuel Watimena dan para seniman Maluku yakni Bing Leiwakabessy, Zeth Lekatompessy, dan MC-komedian yang popular di Maluku, Om Koko.

Juga akan tampil kelompok Haunesa Etnika dan Rence Alfons, Maluku Hiphop Community (MCH), Mariony Saherlawan, Muhamad Irfan dan Bengkel Sastra Maluku, Paduan Suara Effata dan puluhan penari serta kolaborasi paduan suling dan musik hadrat. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Jasad terduga teroris asal Ambon dimakamkan di Palu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar