Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf 2021 sangat puas dan puas sebesar 50,4 persen.
Jakarta (ANTARA) - Survei digelar Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil menunjukkan masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin pada tahun 2021.

"Secara umum masyarakat merasakan bahwa kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf 2021 sangat puas dan puas sebesar 50,4 persen," kata Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin, di Jakarta, Jumat.

Dia merincikan sebanyak 43,3 persen menjawab puas, 7,1 persen sangat puas, 31,7 persen biasa saja, 8,9 persen tidak puas, dan 3,6 persen sangat tidak puas.

Indra menjelaskan tingkat kepuasan masyarakat itu dilihat dari bidang kesehatan terkait penanggulangan pandemi COVID-19, kebebasan beragama, infrastruktur serta pertahanan keamanan.

Namun, kata dia lagi, masyarakat masih merasakan kurang puas di sektor lapangan kerja dan kesejahteraan sosial. Hal itu mengafirmasi bahwa persoalan kebutuhan pokok yang naik dan ketersediaan lapangan kerja yang minim menjadi salah satu penyebab hal tersebut.

LSP merilis hasil survei yang dilaksanakan rentang waktu 7-20 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 orang responden yang ada di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Responden adalah para pemilik hak pilih dan berusia minimal 17 tahun ke atas dan sudah menikah.

Proses pengambilan sampel survei dilakukan dengan wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error (MoE) 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
Baca juga: PARA Syndicate: Ada risiko penurunan efektivitas kinerja pemerintah
Baca juga: CPCS: 61,7 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022