Penunjukan Tri Andayani sebagai Direktur Utama kami harapkan akan membawa semangat yang berbeda bagi perusahaan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengganti susunan dewan direksi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

Selaku pemegang saham, Kementerian BUMN menempatkan Tri Andayani sebagai Direktur Utama Pelni menggantikan Insan Purwarisya L Tobing yang telah menyelesaikan masa tugasnya pada 31 November 2021.

Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taupik menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran direksi sebelumnya dan mengucapkan selamat datang kepada pejabat yang menggantikan.

"Kepada direksi sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian serta kontribusi bagi kemajuan bisnis Pelni," kata Opik dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Opik menjelaskan surat keputusan pengangkatan dewan direksi Pelni yang baru disampaikan Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Jasa Logisik Desty Arlaini dan tertuang dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-57/MBU/02/2022 tanggal 25 Februari 2022 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

Adapun susunan Dewan Direksi PT Pelni saat ini adalah:

Direktur Utama: Tri Andayani
Direktur SDM dan Umum: Rainoc
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Andy S. Bratamihardja
Direktur Usaha Angkutan Penumpang: Yahya Kuncoro
Direktur Usaha Barang dan Tol Laut: Yossianis Marciano
Direktur Armada dan Teknik: Robert M.P Sinaga

Susunan Dewan Komisaris PT Pelni saat ini:

Komisaris Utama: Ali Masykur Musa
Komisaris: Haryo Indratno
Komisaris: Wahju Aji
Komisaris: Eddy Susanto Soepadmo
Komisaris: Iwan Taufiq Purwanto
Komisaris Independen: Kristia Budiyarto

Opik menambahkan bahwa dengan adanya penyegaran dalam susunan direksi ini diharapkan dapat meneruskan transformasi bisnis perusahaan.

"Penunjukan Tri Andayani sebagai Direktur Utama kami harapkan akan membawa semangat yang berbeda bagi perusahaan, khususnya bagi para Srikandi di internal perusahaan," ujarnya.

Pelni yang bergerak di bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP yang mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.695 ruas.

Selain itu, Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal rede.

Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini mengoperasikan 10 trayek tol laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

Baca juga: Pelni lakukan penyesuaian operasional kapal di Jayapura
Baca juga: Pelni gelar sosialisasi e-LHKPN bekerja sama dengan KPK
Baca juga: Kapal Pelni layani 250 ribu pelanggan pada masa Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022