Tripoli (ANTARA News) - Suara pertempuran dahsyat, Senin, terdengar dekat kediaman pemimpin Libya Muamar Gaddafi di pusat Tripoli setelah pasukan oposisi berhasil menerobos ke ibu kota dan menguasai banyak sudut kota itu.

Pertempuran juga mendengar di selatan ibukota sekitar pukul 04.00 GMT dengan persenjataan berat dan tembakan-tembakan senapan otomatis, kata seorang wartawan AFP.

Kompleks kediaman Gaddafi di Bab al-Aziziya ditimpa ledakan secara teratur sejak awal intervensi militer internasional pimpinan Pakta Pertahanan Atlantik Utara pada 19 Maret.

Sejumlah gedung di kompleks itu telah diratakan dengan tanah, namun keberadaan orang kuat Libya yang telah berkuasa 39 tahun itu tidak diketahui meski dalam tiga siaranr radio dia berpesan kepada para pendukungnya Minggu ketika oposisi menyapu jalan-jalan menuju Tripoli dan menguasai Lapangan Hijau yang simbolis di jantung kota.

Pada sekitar pukul 04.30 GMT gema leutusan senjata api Kalashnikov terdengar di dekat Hotel Rixos, tempat sebagian besar media asing berada.

Situasi ibu kota Tripoli masih panas dan banyak suara tembakan.

Pejabat senior Abdullah Almayhop dari Dewan Transisi Nasional (NTC) mengatakan, kekuatan oposisi telah menguasai seluruh ibukota kecuali Al-Aziziyah Bab, kubu pertahanan Gaddafi dan membersihkan sisa-sisa pasukan Gaddafi.

Pasukan yang setia pada Gaddafi tampaknya telah rapuh dan runtuh dengan cepat.

SYS/H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011