PM Justin Trudeau mengatakan Kanada akan bergabung dengan beberapa negara lainnya untuk menjatuhkan sanksi langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan jajaran penasihatnya.
Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau pada Jumat (25/2) mengumumkan putaran baru sanksi terhadap Rusia, menyerukan penghapusan Rusia dari sistem pembayaran SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Dalam sebuah konferensi pers, Trudeau mengatakan Kanada akan bergabung dengan beberapa negara lainnya untuk menjatuhkan sanksi langsung kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan jajaran penasihatnya.

Sanksi-sanksi tersebut juga akan dikenakan kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan kepala staf Putin, ujar PM Kanada.

Selain itu, Trudeau menyerukan penghapusan Rusia dari SWIFT, sistem pembayaran yang digunakan untuk sebagian besar transaksi keuangan internasional.

Pemerintah Kanada juga bersiap mengatur sumbangan bagi upaya bantuan untuk Ukraina melalui Palang Merah Kanada hingga maksimum 10 juta dolar Kanada (1 dolar Kanada = Rp11.279), tambah Trudeau.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022