Jakarta (ANTARA) - Troy Kotsur menjadi satu-satunya aktor tuli pertama dan yang pernah memenangkan penghargaan akting individu dari Screen Actors Guild Awards ke-28, yang dihelat pada Minggu (27/2) waktu setempat.

Dalam malam penghargaan itu, Kotsur, yang berusia 53 tahun, memenangkan piala SAG untuk kategori aktor pendukung terbaik untuk penampilannya dalam drama keluarga "CODA" garapan Sian Heder tersebut, Associated Press melaporkan, dikutip pada Senin.

Baca juga: "CODA" sisipkan teks di film, terobosan bagi penonton yang tunarungu

Saat namanya terbaca, Kotsur membenamkan kepalanya ke dalam tangannya. Di atas panggung, dia memuji "CODA" sebagai film langka yang menggambarkan keluarga tuli secara otentik.

"Terima kasih istri saya telah mengingatkan saya untuk memeriksa penampilan saya sebelum berjalan di karpet merah," kata Kotsur sembari bercanda.

Sementara kategori aktor pendukung terbaik telah dilihat sebagai persaingan ketat antara Kodi Smit-McPhee dari "The Power of the Dog". Ariana DeBose dari "West Side Story" telah menjadi yang terdepan dalam aktris pendukung terbaik.

"Butuh waktu lama bagi saya untuk merasa nyaman menyebut diri saya seorang aktor," kata DeBose.

"Akar saya berasal dari dunia tari dan panggung Broadway, dan Anita yang kita lihat di layar mengambil setiap bagian dari diri saya, tetapi dia membutuhkan waktu 10 tahun untuk membuatnya," imbuhnya.

Sebagian daftar pemenang di Screen Actors Guild Awards, disajikan Minggu malam di Santa Monica, California.

Beberapa di antaranya adalah Aktor pria (serial komedi) dimenangkan oleh Jason Sudeikis (“Ted Lasso”); Aktor wanita (serial komedi) diraih oleh Jean Smart ("Hacks"); Ansambel serial komedi dimenangkan ("Ted Lasso"); Ansambel aksi televisi diraih oleh "Squid Game"; dan Ansambel aksi film diraih “No Time to Die”.

Baca juga: SAG Awards ditunda hingga Maret 2021

Baca juga: Warna-warni kembali ke karpet merah Screen Actors Guild

Baca juga: "The Help" menangkan SAG Awards 2012

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022