Jakarta (ANTARA) - Film drama keluarga tuli "CODA" berhasil meraih penghargaan tertinggi di Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-28. Ada pula kemenangan yang tak terduga dari serial Korea Selatan "Squid Game", hingga Will Smith yang juga meraih piala di ajang ini.

"Ini memvalidasi fakta bahwa kami, aktor tuli, dapat bekerja sama seperti orang lain. Kami menantikan lebih banyak kesempatan untuk aktor tuli," kata Marlee Matlin di atas panggung, dikutip dari Associated Press, Senin.

Matlin adalah satu-satunya aktor tuli yang memenangkan Oscar, tetapi lawan mainnya di "CODA", Troy Kotsur, mungkin akan bergabung dengannya.

Baca juga: "House of Gucci", "The Power of the Dog" pimpin nominasi SAG Awards

Kotsur memenangkan aktor pendukung terbaik di ajang ini, menjadi aktor tuli pertama yang memenangkan SAG Awards. Saat namanya dibacakan, aktor kawakan berusia 53 tahun itu membenamkan kepalanya ke dalam tangannya.

"Squid Game" dari Netflix, serial bahasa non-Inggris pertama yang dinominasikan oleh SAG, meraih tiga penghargaan, termasuk Lee Jung-jae untuk aktor pria terbaik dalam serial drama, dan Jung Ho-yeon untuk aktor wanita terbaik dalam drama.
 
Lee Jung-jae and Jung Ho-yeon berpose di backstage dengan penghargaan yang mereka terima di Screen Actors Guild Awards ke-28 di Santa Monica, California, AS, 27 Februari 2022. REUTERS/Aude Guerrucci (REUTERS/AUDE GUERRUCCI)


"Saya telah duduk berkali-kali menonton Anda di layar lebar bermimpi suatu hari menjadi seorang aktor," kata Jung kepada para penonton yang merupakan aktor, sembari menahan air mata.

Namun, "Succession" dari HBO pada akhirnya berkuasa dalam kategori serial drama terbaik. Brian Cox memanfaatkan momen tersebut untuk bicara soal Rusia dan Ukraina.

"Orang-orang di Rusia yang tidak menyukai apa yang sedang terjadi — dan khususnya para seniman — saya pikir kita harus bergabung dan merayakannya dan berharap mereka dapat membuat perubahan, seperti yang saya yakini mereka bisa," kata Cox.
 
Will Smith berpose di backstage dengan penghargaannya untuk Aktor Terbaik di Screen Actors Guild Awards ke-28 di Santa Monica, California, AS, 27 Februari 2022. REUTERS/Aude Guerrucci (REUTERS/AUDE GUERRUCCI)


Sementara itu, Will Smith memenangkan piala untuk aktor terbaik untuk perannya sebagai Richard Williams, ayah dari petenis dunia Venus dan Serena Williams, di "King Richard". Ini merupakan piala SAG Awards pertamanya.

"Ini mungkin adalah salah satu momen terbesar dalam karir saya sekarang karena nama saya dipanggil untuk 'King Richard' duduk di sebelah Venus Williams," kata Smith.

Untuk kategori aktor wanita terbaik, Jessica Chastain, yang memerankan televangelist terkenal di “The Eyes of Tammy Faye,” meraih penghargaan SAG individu pertamanya.

Ada pula Michael Keaton dan Kate Winslet yang masing-masing memenangkan piala untuk aktor pria dan wanita terbaik dalam tayangan serial. Keaton diakui dalam perannya di "Dopesick", sementara Winslet di "Mare of Easttown".

Sementara itu, SAG Awards dianggap sebagai salah satu prediktor Academy Awards yang paling andal. Aktor merupakan persentase terbesar dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), dan pilihan mereka sering kali sejajar.

Baca juga: Troy Kotsur jadi aktor tuli pertama yang menangi SAG Awards

Baca juga: Selena Gomez, Hailee Steinfeld dan jajaran presenter SAG Awards 2022

Baca juga: "Squid Game" jadi serial TV non-bahasa Inggris pertama di nominasi SAG

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022