Jakarta (ANTARA News)- Toyota meluncurkan jajaran sedan All New Camry di Amerika Serikat, Selasa (23/8). Produsen mobil terbesar di Jepang itu berharap kehadiran New Camry akan menjadi simbol Toyota "merebut" kembali pasar otomotif AS.

"Peluncuran New Camry sangat penting bagi perusahaan kami. Kendaraan ini telah menjadi simbol keberhasilan Toyota selama bertahun-tahun," kata Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Co, dari pabrik Toyota di Kentucky, AS.

Dalam pidato yan disiarkan langsung ke Detroit, Los Angeles, dan New York, tiga kota tempat peluncuran itu berlangsung, Toyoda berharap momen itu bisa menjadi waktu yang tepat untuk kebangkitan Toyota.

"Jadi ini adalah saat yang tepat untuk kembali menunjukkan kepada dunia apa itu Toyota yang sebenarnya," tegasnya.

Dengan tampilan baru dan harga miring, Toyota berharap bisa mempertahankan posisi Camry sebagai mobil terlaris di AS. Lima dari enam tipe New Camry rencananya akan dijual dengan harga lebih murah ketimbang model sebelumnya.

Camry memang berhasil bertahan menjadi mobil paling laris di AS dalam tujuh bulan pertama 2011 tetapi sebenarnya penjualan kendaraan itu turun sebesar 8%.

Pangsa pasarnya terus digerus oleh beberapa pesaing seperti Nissan Altima, Ford Fussion, Hyundai Sonata, Honda Accord, dan Chevrolet Malibu dari General Motors.

New Camry mulai tersedia di dealer resmi AS pada Oktober sementara versi hibrida-nya yang lebih hemat bahan bakar akan hadir di Desember. (Ber)

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2011