Kita ingin mempersiapkan daerah ini menjadi penyuplai kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, minimal Sigi menjadi penyangga kebutuhan pangan untuk masyarakat Sulteng
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, segera menyalurkan bantuan 300 sapi untuk peternak, sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat sekaligus menjadi upaya pengembangan potensi peternakan di daerah itu.

"Iya, tahun ini kita kucurkan bantuan 300 sapi untuk peternak," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Senin.

Pemkab Sigi menyebut 300 sapi yang akan disalurkan kepada peternak, terdiri dari 100 sapi jantan dan 200 sapi betina.

Mohamad Irwan mengatakan, 100 sapi jantan itu akan diberikan kepada solidaritas alumni sekolah peternakan rakyat, yang terletak di Kecamatan Dolo Selatan.

Solidaritas alumni sekolah peternakan rakyat merupakan satu kelompok budidaya peternakan sapi yang beranggotakan kurang lebih sembilan orang.

Kelompok ini memiliki satu kandang budi daya peternakan sapi terletak di Desa Bulubete, Kecamatan Dolo Sekatan. Kandang itu berukuran 8 x 13 meter yang dapat menampung kurang lebih 30 sapi.

Selain memiliki satu kandang, kelompok ini juga memiliki sembilan kandang binaan yang tersebar di wilayah Kecamatan Dolo Selatan. Kandang binaan itu, merupakan kandang milik peternak di wilayah itu.

"Jadi mereka alumni sekolah peternakan ini sebelumnya kami biayai untuk belajar di Institut Pertanian Bogor (IPB), mereka belajar langsung tentang bagaimana pengelolaan pakan dan penggemukan. Saat ini mereka sudah bekerja sama dengan beberapa pengusaha, dengan omset sudah mencapai Rp2 miliar lebih," ungkapnya.

Kemudian, kata Mohamad Irwan, 200 sapi betina diberikan kepada masyarakat peternak, yang dalam teknis distribusi dan pemeliharaannya melibatkan kelompok solidaritas alumni sekolah peternakan rakyat.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan bantuan tersebut, untuk membangun semangat masyarakat dalam mengembangkan potensi peternakan, dengan tujuan sebagai peningkatan ekonomi, juga untuk penyiapan kebutuhan pangan.

"Kita ingin mempersiapkan daerah ini menjadi penyuplai kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, minimal Sigi menjadi penyangga kebutuhan pangan untuk masyarakat Sulteng," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Sigi sediakan sistem informasi khusus pertanian bagi petani

Baca juga: Pemkab Sigi optimalkan program Sigi hijau cegah banjir dan longsor

 
Bupati Sigi Mohamad Irwan mendampingi Anggota DPR Muhidin M Said meninjau budidaya peternakan sapi di kandang milik Sekolah Peternakan Rakyat di Desa Bulubete, Kecamatan Dolo Selatan. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022