Jakarta (ANTARA) - Pegokart muda Indonesia, Qarrar Firhand Ali, mulai membuka jalan untuk naik podium pada balapan di Italia setelah tampil apik pada kejuaraan bertajuk "Rok Winter Trophy 2022" di Sirkuit South Garda Karting, Lonato, Italia, 25-27 Februari.

Qarrar Firhand yang kini berusia 11 itu, berdasarkan data resmi, Senin, mengakhiri balapan dengan podium ketiga meski sebelumnya sempat memimpin lomba hampir sepanjang balapan.

Untuk podium pertama ditempati pegokart wanita asal Ceko, Martina Rumlenova, dan podium kedua diduduki pegokart Jerman Maximillian Pilch. Meski naik podium ketiga, Qarrar Firhand tetap bisa mencatat waktu terbaik dengan 54,941 detik dan mencatat rekor untuk waktu terbaik di ROK winter 2022 kelas Mini dengan 54,669 detik.

"Qarrar membuat peningkatan luar biasa dari waktu ke waktu. Melihat balapannya di babak final itu benar-benar petarung sejati. Bahwa di lap terakhir ia bisa diovertake dua pebalap, itulah persaingan ketat balapan di Eropa. Saya percaya, Qarrar akan lebih matang lagi ke depannya," kata manajer Qarrar Firhand, Jimmy Akbar.

Ini podium pertama Qarrar Firhand pada 2022 di Italia setelah  naik podium 1 dalam Kejuaraan Italian Championship pada 2021.

Qarrar Firhand yang bersaing dengan puluhan pebalap Eropa, Amerika, Australia dan Asia tampil  gemilang sejak kualifikasi dan bahkan tampil tercepat untuk menempati pole position. Di pentas karting Italia, posisi pole position pun menerima trofi khusus dari panitia.

Baca juga: Qarrar Firhand Ali mantap berguru dan unjuk kemampuan di Italia

Pada balapan heat pertama, Sabtu, pebalap yang biasa sapa Al ini finis pertama, dilanjutkan heat kedua Qarrar Firhand finis kedua. Pada heat ketiga Minggu pagi, Qarrar Firhand yang juga didukung Telkomsel, Pertamina, Bank BJB dan CRK Motorsport kembali finis posisi pertama.

Berlanjut pada sesi Pre Final, Minggu siang dia kembali finis pertama dan memasuki sesi Final Race yang digelar Minggu menjelang sore pukul 14.55 waktu setempat, Qarrar yang start posisi pertama terus memimpin lomba hingga lap 12 atau lap terakhir.

Sejak awal lomba, Qarrar hanya dikuntit Maximillian Pilch dan Martina Rumlenova. Pilch terus menempati posisi kedua dan Rumlenova tempat ketiga. Keduanya terus menekan Qarrar sejak awal lomba. Tapi, Qarrar terlihat gigih mempertahankan posisi hingga masuk lap ke-12.

Hanya saja, Dewi Fortuna tampaknya menjauh karena saat memasuki corner kelima lap terakhir, Qarrar justru disalip Pilch dan Rumlenova hingga akhirnya hanya dalam sepersekian detik, pegokart wanita Rumlenova finis posisi pertama diikuti Pilch dan Qarrar pada tempat ketiga.

Setelah menyelesaikan balapan di Sirkuit South Garda Karting, Lonato, Qarrar akan kembali mengikuti balap seri WSK Super Master di Sirkuit La Conca, Italia, pada 2-6 Maret.

Baca juga: Qarrar Firhand Ali tatap balapan di Italia setelah jadi juara nasional

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022