penawaran sementara ada di angka Rp100 juta
Depok (ANTARA) - Lembaga bantuan kemanusiaan Human Initiative bekerja sama dengan Indonesian Islamic Center (IIC) London di London, mengadakan Lelang Sepeda Brompton Limited Edition untuk mendukung pembangunan Masjid Indonesia pertama di Inggris.

"Kami berharap, masjid ini kelak dapat menjadi representasi Islam di dunia Internasional. Hasil dari donasi ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan masjid Indonesia pertama di London," kata Ketua Pembangunan Masjid Indonesia di London, Eko Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Depok, Jawa Barat, Senin.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia dan juga Wakil Presiden Indonesia ke-10 & 12, Muhammad Jusuf Kalla, hingga CEO Brompton, Will Butler-Adams.

Jusuf Kalla, menyampaikan agar setiap insan hendaknya memiliki niat membangun masjid, bukan untuk membeli sepeda semata.

"Upaya untuk mengumpulkan dana sangat baik sekali. Namun niatnya jangan membeli sepeda, tapi (niatkan) untuk membangun masjid," kata mantan wakil presiden RI ini.

Baca juga: Panitia tutup Wakaf Mozaik pembangunan Masjid Indonesia di London
Baca juga: Panitia tambah paket pendanaan "Wakaf Mozaik" Masjid Indonesia London

Acara lelang ini berlangsung pada 27 Februari, pukul 19.30 WIB dan 12.30 waktu London. Lelang Brompton untuk Pembangunan Masjid Indonesia pertama dilakukan di London

Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya bercerita tentang pertemuannya dengan CEO Brompton, Will Butler-Adams.

"Saya bertemu dengan Will, lalu berencana untuk membeli salah satu sepedanya untuk dilelang sebagai donasi untuk masjid Indonesia, tapi Will merespons lain," kata Desra.

Ia mengatakan Will bahkan menolak untuk sepedanya dibeli. Dia bilang ingin memberikan sepeda eksklusif dengan tanda tangannya dan mendonasikannya untuk masjid.

"Islam perlu direpresentasikan dengan lebih baik lagi di UK dan di dunia," tutup beliau dalam sesi talk show bersama CEO Brompton.

Will Butler Adam turut mengiyakan dan berterima kasih karena sudah dilibatkan dalam kegiatan donasi ini.

"Saya sangat senang dapat membantu men-support acara ini," ujar CEO Brompton, Will Butler-Adams.

Baca juga: Wakaf Mozaik dukung pembangunan Masjid Indonesia pertama di Inggris
Baca juga: IIC London terus dorong pembangunan Masjid Indonesia

Sepeda yang dilelang akan menjadi sepeda Brompton yang hanya ada satu unit di dunia. Selain itu, pada body sepeda Brompton juga telah ditandatangani langsung oleh CEO Brompton.

Will juga mengatakan bahwa untuk pemenang lelang akan diajak keliling melihat pabriknya secara langsung di London.

"Alhamdulillah sudah muncul penawaran sesaat setelah waktu lelang dimulai. Penawaran sementara ada di angka Rp100 juta. Lelang akan berlangsung 5 hari ke depan untuk mendapatkan penawaran tertinggi," kata Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati.

"Sahabat Inisiator, mari kita dukung Pembangunan Masjid Indonesia pertama di London. Sahabat Inisiator dapat mengikuti lelang yang sedang berjalan melalui link solusipeduli.org terima kasih atas inisiatif baik kalian," ujar Tomy.

Baca juga: PBNU, KBRI dukung pendirian masjid Indonesia di London

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022