Pada dasarnya memiliki mata uang yang tidak dikendalikan oleh pemerintah, yang tidak terpengaruh oleh tindakan darurat ... sangat menarik
Bengaluru (ANTARA) - Bitcoin telah melonjak sejak invasi Rusia ke Ukraina, didukung oleh orang-orang di negara-negara tersebut yang ingin menyimpan dan memindahkan uang dalam kripto anonim dan terdesentralisasi.

Perdagangan bitcoin dalam mata uang rubel Rusia menjadi overdrive ketika invasi dimulai pada Kamis (24/2/2022), dengan volume harian melonjak 259 persen dari hari sebelumnya menjadi 1,3 miliar rubel (13,1 juta dolar AS), menurut data dari CryptoCompare.

Sementara itu di Ukraina,  bursa kripto Kuna melihat volume perdagangan hariannya lebih dari tiga kali lipat menjadi 150 juta hryvnia (5 juta dolar AS).

Bea O'Carroll, Direktur Pelaksana di Radkl, sebuah perusahaan investasi aset digital, mengatakan perang dan sanksi Barat telah melihat tren penggunaan bitcoin untuk mentransfer nilai.

"Pada dasarnya memiliki mata uang yang tidak dikendalikan oleh pemerintah, yang tidak terpengaruh oleh tindakan darurat ... sangat menarik," tambahnya. "Mungkin begitulah cara Rusia mengubah nilainya. Sama halnya, di sisi lain, ada 'inilah cara orang akan mendapatkan nilai bagi orang Ukraina'."

Dalam lima hari sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, bitcoin telah meningkat 13 persen, sedangkan indeks saham S&P 500 AS yang sering ditiru naik sekitar 2,0 persen dan emas permainan keamanan tradisional sekarang sebagian besar datar setelah naik sebanyak 3,5 persen pada hari invasi.

Pada hari serangan sekitar 300 juta dolar AS posisi short bitcoin dilikuidasi, data Coinglass menunjukkan. Sementara QCP Capital yang berbasis di Singapura mengatakan "sebagian besar" dari posisi long leverage telah diambil.

Selain sebagian besar anonim, kepemilikan dan transaksi kripto sering kali disimpan di dompet pada platform terdesentralisasi yang dapat diakses dari mana saja.

“Bitcoin bisa menjadi tempat berlindung yang potensial bagi oligarki Rusia yang menghindari sanksi karena tidak akan ada sensor pada jaringan bitcoin dan transaksi mata uang kripto,” kata Analis Senior Swissquote Bank, Ipek Ozkardeskaya.

"Mata uang kripto dapat bertindak sebagai penyimpan nilai yang kuat untuk sebagian besar kepemilikan yang tidak perlu likuid."

Baca juga: Uang kripto Bitcoin anjlok 7,9 persen setelah Rusia menginvasi Ukraina

Namun bagi penggemar kripto, fakta bahwa kepemilikan semacam itu dapat menawarkan rute seputar sanksi bisa menjadi pedang bermata dua.

“Ini dapat menyebabkan peraturan dari negara-negara NATO terhadap penggunaan kripto, tetapi sisi sebaliknya adalah bahwa mungkin ada adopsi yang lebih luas di tempat-tempat dengan gejolak geopolitik,” kata Kepala Penelitian di Manajer Aset Digital Arca, Katie Talati.

Ukraina juga dengan cepat menemukan peluang dalam jangkauan dan anonimitas dunia kripto. Wakil Perdana Menteri Mykhailo Fedorov mencuit alamat dompet bitcoin dan ether, di samping seruan: "Berdirilah dengan rakyat Ukraina. Sekarang terima sumbangan mata uang kripto."

Pemerintah Fedorov dan organisasi non-pemerintah Ukraina mengumpulkan lebih dari 22 juta dolar AS dalam mata uang kripto setelah banding, menurut perusahaan analisis blockchain Elliptic.

Sementara bitcoin mungkin muncul sebagai mata uang pilihan di area risiko geopolitik, namun, pelaku pasar memperingatkan ada pandangan yang berbeda mengenai apakah bitcoin dapat lebih luas menjadi aset "safe-haven", suatu bentuk emas digital.

Bagi Zach Friedman, salah satu pendiri pialang kripto Secure Digital Markets, keuntungan pasca-invasi bitcoin berfungsi untuk menegakkan "narasi seputar penyimpanan nilai bitcoin selama masa yang penuh gejolak".

Di tempat lain: uang mengalir ke "stablecoin", yang dipatok ke aset tradisional seperti dolar AS.

Pada Jumat (25/2/2022), transaksi stablecoin terdiri lebih dari 83 persen dari total volume perdagangan 24 jam pasar kripto menurut CoinMarketCap.

USD Tether, stablecoin terbesar melihat kapitalisasi pasarnya naik ke level tertinggi sepanjang masa hampir 80 miliar dolar AS, sementara mata uang kripto PAX Gold yang didukung emas menambahkan hampir 100 juta dolar AS ke kapitalisasi pasarnya dalam dua hari.

Baca juga: Yen naik, bitcoin terpukul, kekhawatiran Ukraina buat investor gugup

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022