Target kami saat ini fokus ke FIBA Asia Cup untuk ke FIBA World Cup 2023
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia mengalihkan fokus berburu tiket Piala Dunia 2023 di FIBA Asia Cup 2022 setelah menelan dua kekalahan dalam pertandingan window kedua kualifikasi Grup C zona Asia pekan lalu.

Setelah kalah telak dari Arab Saudi, tim Merah Putih kembali gagal meraih poin saat menghadapi Yordania. Hasil itu membawa Indonesia kini berada di peringkat keempat Grup C tanpa satu pun kemenangan sehingga makin menipiskan peluang lolos ke putaran kedua kualifikasi.

Timnas Indonesia sebetulnya masih mempunyai dua laga tersisa di window ketiga pada Juli mendatang melawan Arab Saudi dan Yordania.

Baca juga: Indonesia hadapi tantangan berat dalam Kualifikasi Piala Dunia FIBA

Namun pelatih timnas basket Indonesia Rajko Toroman mengakui bahwa perburuan tiket ke Piala Dunia FIBA 2023 paling realistis adalah dengan memaksimalkan FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, 12-24 Juli nanti.

“Kami memang menyisakan dua gim lagi di Jakarta, tetapi tidak akan banyak membantu ke Piala Dunia. Target kami saat ini fokus ke FIBA Asia Cup untuk ke FIBA World Cup 2023,” ujar Rajko dalam keterangan tertulis PP Perbasi, Selasa.

“Tentu butuh persiapan lebih matang dan lebih lama agar lebih maksimal. Kami yakin bisa lakukan lebih baik apalagi dari sini kami mendapatkan dua pemain segar, yakni Yudha (Saputera) dan (Muhamad) Arighi untuk FIBA Asia Cup nanti," sambung dia.

Meski belum resmi tak lagi berpeluang melaju ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia FIBA, kesempatan tim Merah Putih nyaris habis karena mereka wajib menang di dua laga sisa window ketiga pada Juli dan mengalahkan Arab Saudi dengan marjin 30 poin atau lebih. Namun itu juga disertai syarat Arab Saudi juga kalah di satu laga lain mereka di window berikutnya.

Baca juga: Indonesia kalah telak dari Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia FIBA

Meski berstatus tuan rumah, Indonesia memang belum otomatis lolos ke Piala Dunia 2023. Apabila gagal lewat jalur kualifikasi, Merah Putih masih bisa lolos, namun setidaknya harus menempati peringkat delapan dari 16 tim yang nantinya akan bermain di FIBA Asia Cup 2022

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia dalam babak penyisihan Grup A Piala Asia FIBA 2022.

Skuad Garuda setidaknya harus menempati peringkat delapan dari 16 tim yang tampil di FIBA Asia Cup 2022 guna mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2023, yang akan digelar di Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Baca juga: Indonesia takluk kepada Yordania di kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: Indonesia kalah, pelatih soroti buruknya penampilan Lester Prosper


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022