Jakarta (ANTARA News) - Ketum PSSI, Djohar Arifin Husin, berharap timnas Indonesia mampu beradaptasi dengan cuaca dan suasana Timur Tengah saat menjalani pelatihan di Amman, Yordania, menjelang menghadapi Iran di laga perdana grup E Pra Piala Dunia 2014.

"Saya berharap para pemain timnas mampu beradaptasi dengan kawasan Timur Tengah itu," katanya usai menutup turnamen "Ngabuburit Mini Soccer 2011" di Lapangan Timnas, Senayan, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, selama pelatihan di Yordania, Timnas senior juga melaksanakan pertandingan persahabatan melawan timnas Yordania yang merupakan uji coba terakhir tim Merah Putih.

"Kesempatan ini berkat adanya kerjasama antara PSSI dengan Yordania. Dan pertandingan itu juga untuk melihat dan sebagai analisa kekuatan tim Iran," Djohar yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI lewat Kongres Luar Biasa PSSI di Solo, pada Juli 2011.

Mantan pemain PSMS Medan era 1960-an berharap, kesempatan emas ini bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya oleh pasukan Rijsbergen dengan baik. "Ini kesempatan langka, dan kami berharap pemain-pemain kita bisa meningkatkan permainan sebelum melakoni putaran ketiga babak kualifikasi Pra Piala Dunia nanti," katanya.

Tim besutan Wim Rijsbergen ini sudah bertolak ke Jordania sejak 24 Agustus lalu. Firman Utina dan kawan-kawan sudah melaksanakan dua kali uji coba yakni imbang 1-1 melawan Timnas U-23 dan mengalahkan timnas Palestina 4-1 di Stadion Manahan Solo, beberapa waktu lalu.

Timnas dijadwalkan bertolak ke Teheran, Iran pada 28 Agustus setelah melakukan uji coba dengan tim Yordania. Mereka akan berlebaran di Teheran.

Pelatih Wim Rijsbergen membawa 23 pemain ke Timur Tengah untuk melakoni laga perdana Grup E Pra-Piala Dunia Zona Asia melawan Iran pada 2 September nanti.

Dari daftar pemain yang dibawa, Rijsbergen menggunakan strategi dengan memperkuat lini tengah. Dari 23 pemain, 11 diantaranya merupakan pemain tengah dan sayap.

Pelatih asal Belanda itu juga menyiapkan delapan pemain untuk memperkuat lini belakang. Dengan demikian, hanya ada tiga penyerang murni yakni Christian Gonzales, Bambang Pamungkas dan Ferdinand A Sinaga. Sementara Irfan Bachdim diberi tugas sebagai "second striker".

Beberapa pemain kunci yang mengundurkan diri, termasuk Boaz Solossa dan Ian Kabes yang pulang ke Papua karena ada masalah keluarga. Selain itu, ada pemain yang cedera yakni Ahmad Bustomi.

Daftar pemain Timnas senior: Markus Haris Maulana, M. Roby, Ferry Rotinsulu, M. Ilham, Hamka Hamzah, M. Nasuha, Arif Suyono, Zulkifly, Tony Sucipto, Beny Wahyudi, Wahyu Wijiastanto, Irfan Bachdim, Cristian Gonzales, Eka Ramdani, Okto Maniani, Supardi, M.Ridwan, Bambang Pamungkas, Firman Utina, Ferdinand Sinaga, Made Wirawan, Hariono dan Amrizal.(*)
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011