Jakarta (ANTARA) - PSSI memastikan tim nasional Indonesia tidak berlaga pada hari pertandingan FIFA (FIFA match day) yang dijadwalkan berlangsung 21-29 Maret 2022.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan permintaan dari pelatih timnas Shin Tae-yong.

Iriawan mengatakan, menurut Shin, pertandingan FIFA pada Maret 2022 tidak efektif dan efisien.

"Selain itu, Shin juga harus memimpin pemusatan latihan timnas U-20 di Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023," ujar purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

PSSI, Iriawan melanjutkan, sejatinya sudah menyiapkan lawan untuk timnas Indonesia pada pertandingan FIFA bulan Maret 2022.

PSSI sebelumnya diketahui sudah mengontak beberapa negara yang diminta untuk melawan skuad "Garuda" seperti Bosnia Herzegovina dan Slovakia.

Baca juga: PSSI berkomunikasi dengan Bosnia Herzegovina-Slovakia untuk laga FIFA

Namun, di sisi lain, PSSI tidak ingin mengganggu rencana kerja pelatih Shin Tae-yong untuk timnas.

"PSSI memahami permintaan Shin dan mendukung semua programnya demi prestasi timnas Indonesia," tutur Iriawan.

Sementara Shin Tae-yong menegaskan bahwa dirinya memang meminta agar tak ada pertandingan FIFA timnas senior pada Maret 2022 karena ingin fokus mempersiapkan timnas U-20 di Korea Selatan.

Baca juga: PSSI: Timnas U-19 TC di Korea Selatan mulai Maret 2022

Timnas tersebut tengah digembleng agar siap berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Beberapa pertandingan persahabatan juga disiapkan di Korea Selatan termasuk melawan timnas U-20 "Negeri Ginseng".

Timnas U-20 dijadwalkan berangkat ke Korea Selatan pada 7 Maret 2022 setelah sebelumnya berlatih di Jakarta mulai 2 Maret 2022. Mereka diagendakan berada di sana sampai April 2022.

"Setelah dari Korea Selatan, kami harus mempersiapkan pemanggilan pemain untuk SEA Games yang diikuti pemain dari klub dalam dan luar negeri. Untuk itu, kami mesti berkomunikasi dari sekarang," tutur Shin.

Baca juga: PSSI berharap timnas putra peringkat 150 FIFA tahun 2022
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022