Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 144 orang warga Provinsi Aceh terinfeksi virus corona pada Senin, sehingga warga yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri mencapai 1.427 orang menurut Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh.

“Melihat tren kasus harian terus meningkat, menunjukkan bahwa tingginya transmisi virus corona di tengah masyarakat,” kata Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, di Banda Aceh, Senin.

Data Satgas Covid-19 Aceh menunjukkan warga Banda Aceh yang dilaporkan terpapar corona sebanyak 53 orang, warga Aceh Besar 23 orang, dan warga Lhokseumawe 16 orang, warga Pidie delapan orang, serta warga Aceh Utara dan Sabang sebanyak enam orang dan warga Bireuen lima orang.

Baca juga: Satgas sebut 108 warga Lhokseumawe terpapar COVID-19

Selanjutnya, warga Aceh Tamiang empat orang, warga Naga Raya, Aceh Jaya, Simeulue sebanyak tiga orang, kemudian masing-masing dua orang warga Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tengah dan Kota Subulussalam, serta satu orang warga Langsa, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, dan Aceh Timur.

Selain kasus baru, Satgas juga melaporkan penambahan pasien sembuh sebanyak 40 orang per hari ini, meliputi warga Banda Aceh 23 orang, warga Pidie dan Aceh Tamiang empat orang, warga Langsa tiga orang, warga Sabang dan Aceh Jaya dua orang, serta warga Aceh Besar dan Aceh Barat Daya satu orang.

Baca juga: BPS sebut wisatawan asing mulai kunjungi Aceh di awal 2022

“Dalam 24 jam terakhir ini ada satu penderita Covid-19 yang dilaporkan meninggal dunia yaitu warga Kabupaten Aceh Besar,” kata Saifullah.

Hingga kini, secara akumulasi kasus Covid-19 di Aceh mencapai 40.471 orang, di antaranya pasien sembuh sebanyak 36.955 orang, kasus meninggal dunia 2.089 orang, serta pasien dalam perawatan atau isolasi mandiri 1.427 orang.

Dari 1.427 kasus aktif itu, menurut data keterisian tempat tidur Satgas Covid-Aceh, sebanyak 180 penderita Covid-19 dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di seluruh Aceh. Sementara 1.247 penderita tanpa gejala atau mengalami ringan sedang melakukan isolasi mandiri.

Baca juga: Ikhtiar menghalau penularan varian Omicron di ujung barat

"Kita doakan penderita Covid-19 yang sedang menjalani perawatan segera sembuh, dan tak ada lagi korban virus corona yang meninggal dunia di Aceh," kata Saifullah.

Oleh karena itu, dia mengajak warga Aceh untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari disiplin memakai masker, mengatur jarak, tidak berkerumunan, dan mengurangi mobilitas. Kemudian juga melakukan vaksinasi Covid-19.

“Vaksin membentuk benteng pertahanan dalam tubuh. Mereka yang sudah vaksinasi lengkap terbukti terlindungi dari sakit berat dan risiko kematian,” katanya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022