Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin bersama Chang Gung University, Taiwan menyepakati kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi sekaligus peningkatan kemitraan internasional.

Direktur Komunikasi Unhas Ir Suharman Hamzah PhD di Makassar, Rabu, menjelaskan kesepakatan kerja sama tersebut awalnya bermula ketika dirinya ikut serta pada "The Sixth Taiwan-Indonesia Higher Education Virtual Forum" yang menghadirkan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Taiwan.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, Unhas kemudian melakukan perbincangan dan diskusi bersama dengan universitas bereputasi internasional yang ada di Taiwan untuk kemitraan yang lebih luas.

Unhas akhirnya sepakat melakukan penandatanganan MoU dan PKS dengan Chang Gung University dalam bidang tridarma khususnya pertukaran mahasiswa dan dosen.

"Secara umum, Unhas ingin berperan aktif dalam peningkatan kualitas dan kapabilitas pada dunia internasional. Sehingga, Unhas sangat terbuka untuk menjalin kemitraan tidak hanya dalam negeri,"katanya.

Baca juga: Unhas dan Sapporo Heart Center Jepang kerja sama pertukaran akademik

Baca juga: Jepang Unhas buka peluang kerja sama kolaborasi penelitian


Lebih lanjut, Suharman menuturkan Unhas terus berupaya optimal untuk pelaksanaan mandat sebagai perguruan tinggi melalui berbagai langkah strategis.

Dalam menghadapi persaingan global di era industri 4.0 yang semakin kompleks, perguruan tinggi dituntut untuk mampu berperan aktif, inovatif, dan menginspirasi sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul. Olehnya itu, perluasan kemitraan perlu dilakukan agar tercapai hasil secara optimal.

"Juga menjangkau secara global dengan universitas yang mempunyai reputasi dengan tujuan membangun sinergitas dan kolaborasi ilmiah," jelas Suharman.

Universitas Chang Gung adalah salah satu universitas terbaik di Kota Taoyuan, Taiwan yang mempunyai peringkat 480 menurut QS Global World Ranking tahun 2022.

Dengan adanya kerja sama yang terjalin antara kedua pihak, Suharman mengharapkan memberikan dampak positif terhadap pengembangan Unhas dalam berbagai bidang. Sekaligus, menjadi langkah strategis Unhas terlibat secara global.

Proses penandatangan MoU terlaksana melalui pengiriman naskah kerja sama pada masing-masing perguruan tinggi. Perjanjian kerja sama tersebut dijadwalkan berlangsung untuk lima tahun ke depan dengan beberapa agenda kegiatan yang telah disepakati bersama.

Baca juga: Unhas--Universiti Teknologi Malaysia kerja sama inovasi riset

Baca juga: FKG Unhas gelar konferensi internasional ICoBTD bahas teknologi baru

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022