Setiap tahun selalu saja ada peserta yang gagal mendaftar karena tidak memperhatikan syarat pendaftarannya
Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Rektor I Universitas Syah Kuala Prof Marwan mengingatkan peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 untuk mencermati setiap syarat pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri tersebut.

“Setiap tahun selalu saja ada peserta yang gagal mendaftar karena tidak memperhatikan syarat pendaftarannya,” kata Marwan di Banda Aceh, Rabu (2/3).

Ia menjelaskan proses seleksi pendaftaran SBMPTN sedang pada tahap pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang telah dimulai sejak tanggal 14 Februari 2022 dan berakhir 17 Maret 2022.

Baca juga: USK sediakan kuota 30 persen lewat jalur mandiri

Untuk tahap ini, Marwan mengingatkan peserta untuk tidak menunda pendaftaran akun LTMPT, serta yang paling penting memastikan akun LTMPT tersebut telah dipermanenkan.

Menurut dia, jika akun tersebut tidak dipermanenkan maka peserta SBMPTN tidak bisa mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Terkait pembuatan akun ini, peserta SBMPTN yang merupakan lulusan tahun 2020 dan 2021 diwajibkan untuk membuat akun baru LTMPT,” kata Marwan.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala wajibkan sivitas akademika vaksinasi ketiga

Syarat lainnya adalah peserta SBMPTN yang merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2022, harus memiliki surat keterangan siswa kelas 12, atau peserta didik Paket C tahun 2022 telah berumur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

“Khusus untuk Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa yang merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA saja,” kata Marwan.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala kukuhkan tiga guru besar lagi

Adapun jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN dimulai tanggal 23 Maret – 15 April 2022. Lalu pelaksanaan UTBK gelombang I pada tanggal 17 – 23 Mei 2022. Untuk UTBK gelombang II pada tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022. Sementara pengumuman hasil SBMPTN pada tanggal 23 Juni 2022.

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT atau USK.

“Apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi Halo Humas USK dan media sosial resmi USK,” demikian Marwan.

Baca juga: Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala layani vaksinasi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022