Gagasan utama laga kami adalah humanisme
Beijing (ANTARA) - Panitia penyelenggara Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 menjanjikan laga multicabang olahraga di atas es dan salju di ibu kota China tersebut lebih humanis.

"Gagasan utama laga kami adalah humanisme. Kami tidak ingin membantu para atlet penyandang disabilitas bergerak, namun kami berupaya menciptakan lingkungan yang memungkinkan mereka bisa bergerak sendiri dengan merefleksikan kesetaraan dan saling menghormati," kata Liu Jie, anggota tim yang penanggung jawab lapangan Paralimpiade Beijing 2022 kepada media, Rabu (2/3).

Menurut dia, semua fasilitas yang tersedia sangat memungkinkan para atlet bisa berlaga tanpa hambatan.

Baca juga: IPC izinkan atlet Rusia dan Belarus berlaga di Paralimpiade Beijing

Semua fasilitas sudah direnovasi dan siap dipergunakan, demikian pernyataan otoritas Beijing yang diterima ANTARA melalui pesan singkat, Kamis.

Paralimpiade Beijing digelar di lima tempat, di antaranya Stadion Nasional Olimpiade, Pusat Ski Alpine Nasional, dan Taman Salju Genting, mulai Jumat (4/3).

Beberapa di antara tempat tersebut telah digunakan sebagai ajang multicabang olahraga Olimpiade Musim Dingin Beijing pada 4-20 Februari lalu.

Sejumlah material bertuliskan braile dan peta sudah disediakan di pusat pelayanan informasi Paralimpiade Beijing 2022.

Kampung Atlet Paralimpiade juga sudah menerima para delegasi dari berbagai negara.

"Fasilitas tanpa batas" di dalam lingkungan Kampung Atlet telah disediakan untuk memudahkan akses bagi para atlet sehingga mereka merasa di rumah sendiri.

Beijing menjadi satu-satunya kota di dunia yang telah berhasil menggelar dua Olimpiade berbeda, yakni Olimpiade Musim Panas 2008 dan Olimpiade Musim Dingin 2022.

Baca juga: Dari Beijing bendera Olimpiade berpindah ke Milan dan Cortina

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022