...kita membuat usaha keolahragaan Sport Travel Agency agar potensi besar wisata olahraga nasional bisa dioptimalkan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora dan PT Mangata Adya Internasional bersinergi dengan membentuk Sport Travel Agency guna mendukung pengembangan wisata olahraga (sport tourism) dan sport industry.

Nota Kesepahaman Kerjasama Operasional Sport Travel Agency dilakukan oleh Plt. Direktur LPDUK Tri Winaro dan Direktur PT Mangata, Lia Fitria Anugrah, di Kantor LPDUK Jalan Radio I Nomor 13, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (2/3).

"Dalam DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) yang digaungkan Kemenpora, sport tourisme dan sport industry sebagai dukungan program pemasalan dan prestasi olahraga menjadi salah satu yang akan dikembangkan. Untuk mendukung itu, kita membuat usaha keolahragaan Sport Travel Agency agar potensi besar wisata olahraga nasional bisa dioptimalkan," kata Plt. Direktur LPDUK Tri Winarno dalam keterangan resminya, Kamis.

Baca juga: LPDUK Kemenpora jalin kerja sama sinergi kembangkan sport tourism

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora, Plt. Direktur LPDUK juga berharap Sport Travel Agency dapat menggairahkan industri olahraga nasional dan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional dan berperan aktif mendukung pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga nasional.

Ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani meliputi kerjasama penjualan tiket perjalanan, akomodasi dan tiket event olahraga. Kemudian kerjasama operasional Sport Travel Agency baik lingkup nasional, regional maupun internasional. Hal lebih teknis dan terperinci mengenai kerjasama operasional tersebut akan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama.

Direktur PT Mangata Adya Internasional, Lia Fitria mengaku bangga dapat menjalin kerjasama dengan LPDUK untuk membangun usaha keolahragaan Sport Travel Agency. Memiliki pengalaman di bidang jasa dan agen perjalanan pariwisata dan penyelenggaraan event, ia optimistis dapat bersinergi dengan LPDUK untuk mengemas berbagai paket travel sport tourism dan event olahraga prestasi yang menarik.

"Event dan venue olahraga di Indonesia terus mengalami perkembangan. Berkah keindahan alam juga membuat kita memiliki banyak destinasi wisata. Karena itu sport travel bisa dikemas dan ditawarkan baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Sport Travel Agency, lanjutnya, memiliki prospek yang bagus karena saat ini pihak Kemenpora, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah saling bersinergi menggencarkan event sport tourism baik event skala nasional maupun internasional.

Baca juga: LPDUK-Alenia Pictures jajaki kerja sama produksi film tema olahraga
Baca juga: LPDUK dan PB TI jalin kerja sama pengelolaan dana komersial

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022