tim UIR bersaing dengan tim dari universitas lain, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Pelita Harapan dan Universitas ternama lainnya
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Tim Jessup Program Studi Ilmu Hukum Universitas Islam Riau meraih penghargaan "Spirit of Jessup Award", ajang perlombaan peradilan semu hukum internasional tertua dan terbesar dalam ranah hukum internasional dunia yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1960.

Perwakilan delegasi UIR Naura Dwirengganis Riata Putri​​​​​​​ di Pekanbaru, Kamis menjelaskan dalam kompetisi yang digelar setiap tahun oleh The International Law Student Associaton itu, tim UIR bersaing dengan tim dari universitas lain, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Pelita Harapan dan Universitas ternama lainnya.
  Delegasi UIR yang memperkuat tim pada kompetisi Jessup kali ini terdiri atas Naura Dwirengganis Riata Putri, Della Cessa Aurora, Atika Aura Shofina, dan Zalfa Merin Victoria yang masing-masing  adalah mahasiswi semester empat.

Ia menjelaskan tim UIR berhasil meraih penghargaan Spirit Of Jessup yaitu suatu penghargaan yang diberikan kepada kompetitor yang mencontohkan rasa semangat dan persahabatan Jessup di dalam tim, sekaligus penghargaan kepada sesama pesaing dalam perlombaan.

Lazimnya penghargaan pada kategori ini diberikan kepada "first timer competitors".

Persiapan dari tim Jessup UIR dalam  kompetisi ini sendiri berlangsung selama hampir lima bulan sejak September 2021.

Untuk lomba pada Chapter Indonesia National Rounds ini berlangsung mulai 19 Februari dan berakhir pada tanggal 27 Februari 2022 yang diikuti oleh 22 kompetitor dan 11 pengamat dari berbagai universitas di Indonesia.

"Bahwa perlombaan ini selayaknya perlombaan peradilan semu internasional pada umumnya," katanya.

Pada kompetisi kali ini layaknya mereka berperan sebagai pengacara yang mewakili suatu negara dan memberikan pembelaan di depan para hakim atas suatu kasus yang sedang diangkat.
 

Ia mengaku bangga ikut lomba tersebut karena merupakan ajang internasional, di mana membutuhkan riset yang dalam  serta melawan delegasi-delegasi lainnya yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia.

Prestasi itu diakui tidak lepas dari dukungan dari pihak Fakultas Hukum yang memberikan dukungan berupa fasilitas selama pra dan pelaksanaan kompetisi serta rekan se tim yang kompak dan sangat loyal untuk diajak bekerja sama.

  "Di kompetisi Phillip C Jessup 2022 tahun ini mengangkat isu hukum diplomatik, hukum pembuktian, hoax dan juga cyberlaw yang mana beberapa tema ini dibagi dengan beberapa delegasi UIR yang juga ikut serta," demikian Naura Dwirengganis Riata Putri.
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022