Banjarbaru (ANTARA News) - Pesawat Hercules yang disiapkan Markas Besar TNI Angkatan Udara untuk membantu pemudik anggota TNI/Polri ternyata membantu juga pemudik masyarakat umum.

Salah seorang pemudik, Suroto, mengatakan, dia tidak kebagian tiket pesawat komersial karena harganya mahal sehingga memilih mudik dengan Hercules.

Pemudik tujuan Solo itu mengaku sangat terbantu karena dapat merayakan Idul Fitri 1432 Hijriah bersama keluarga di kampung halaman.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Penerbang Mokh Mukhson mengatakan, Hercules sebenarnya disiapkan untuk mengangkut anggota TNI/Polri yang ingin mudik merayakan lebaran.

"Namun, jika ada masyarakat umum yang ingin ikut mudik juga dibolehkan sepanjang tempat duduk di pesawat masih tersedia," ujarnya.

Hercules yang disiapkan Mabes AURI memulai penerbangan dari pangkalan udara di Malang dan menyinggahi beberapa bandara di Indonesia untuk menjemput pemudik.

"Penumpang yang diutamakan adalah anggota TNI/Polri, terutama yang bertugas di daerah perbatasan," ujarnya.

Dikatakan, rute pesawat sudah diatur sebelumnya sehingga penumpang harus mengikuti setiap rute sebelum tiba di bandara tujuan.

Selama rute penerbangan, bandara Sjamsudin Noor, Banjar Baru sudah dua kali disinggahi Hercules.(*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011