Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini di beberapa wilayah.

Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie melalui keterangan tertulis BMKG Sultra, Jumat mengatakan hari ini terdapat sembilan daerah berpotensi diguyur hujan lebat yakni Kabupaten Muna, Muna Barat, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Bombana, Buton Utara dan Kolaka Timur.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di sembilan daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Muna potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Napabalano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Watopute, Batukara yang dapat meluas ke Maligano, Katobu, Duruka, Lohia, Kontunaga, Pasir Putih, Pasi Kolaga dan Towea.

Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Napano Kusambi yang dapat meluas ke Sawerigadi, Barangka, Lawa, Kusambi dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG prakirakan beberapa kota alami hujan ringan pada Jumat
Baca juga: Cuaca sebagian wilayah DKI Jakarta diprakirakan hujan pada Jumat

Selanjutnya, di Kabupaten Konawe potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Routa yang dapat meluas ke Unaaha, Abuki, Tongauna, Latoma, Uepai, Anggaberi, Asinua, Padangguni dan Tongauna Utara.

Di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Tinanggea, Laonti, Lalembuu, Benua yang dapat meluas ke Angata, Andoolo, Palangga, Lainea, Kolono, Moramo, Palangga Selatan, Buke, Laeya, Baito, Basala, Kolono Timur dan Andoolo Barat.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Asera, Langgikima, Landawe yang dapat meluas ke Wiwirano, Molawe, Lasolo, Oheo, Andowia dan Lasolo Kepulauan.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Tengah yang dapat meluas ke Wawonii Utara, Wawonii Tenggara, dan Wawonii Selatan.

"Kemudian di Kabupaten Bombana potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Rarowatu Utara, Lantari Jaya, Mata Usu yang dapat meluas ke Rarowatu, Poleang Barat, Poleang Utara, dan Tontonunu," jelas dia.

Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Kambowa, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara yang dapat meluas ke Kulisusu, Bonegunu, dan Wakorumba Utara.

Lalu di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lambandia, Uluiwoi, Tinondo, Ueesi yang dapat meluas ke Poli Polia, Aere, dan Dangia.

Selain di sembilan kabupaten tersebut, BMKG menyebut potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Kabupaten Kolaka, dan Kolaka Utara.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspada potensi hujan lebat di sejumlah daerah

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022