Adaptasi kebiasaan baru masih perlu diiringi dengan protokol kesehatan guna mengantisipasi wabah tersebut karena virus COVID-19 masih berpotensi terus bermutasi
Bandung (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Jawa Barat  Yana Mulyana menyebut kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) menjadi kunci untuk mengakhiri pandemi COVID-19 dan masuk ke masa endemi.

"Adaptasi kebiasaan baru masih perlu diiringi dengan protokol kesehatan guna mengantisipasi wabah tersebut karena virus COVID-19 masih berpotensi terus bermutasi," katanya di Bandang, Jumat.

"Karena kalau sudah endemi relaksasi apapun harus dibuka, aktivitas warga itu harus berjalan seperti sebelum pandemi, tapi bedanya adalah prokes harus tetap dilakukan salah satunya masker," tambahnya.

Meski ada negara lain sudah tidak mewajibkan penggunaan masker, menurut dia, penyebaran COVID-19 melalui droplet (cipratan) masih tetap memungkinkan sehingga penggunaan masker masih akan terus disosialisasikan sejak saat ini.

Selain itu, kata dia, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam berbagai aktivitas masih merupakan hal yang penting sehingga penyaringan mobilitas masyarakat dapat terkendali oleh sistem dalam aplikasi tersebut.

"Tapi kami sampaikan kembali bahwa untuk sampai ke endemi, tentu kita butuh keputusan dari pemerintah pusat dan kajian dari para ahli," katanya.

Adapun saat ini di Kota Bandung, katanya, masih terjadi lonjakan kasus COVID-19 meski beberapa waktu lalu angkanya sudah menurun.

Data terbaru, kasus terkonfirmasi COVID-19 bertambah sebanyak 1.300 orang, padahal di akhir Februari 2022 lalu pertambahan kasus COVID-19 sudah lebih rendah yakni 517 orang.

"Sebelumnya pernah di angka 500 tapi saat ini naik lagi di atas 1.000 orang. Jadi kami dari Pemkot tentu terus mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," demikian Yana Mulyana.

Baca juga: Pakar: Dua tahun pandemi, Indonesia belum capai indikator endemi

Baca juga: KSP: Presiden tekankan tidak perlu tergesa-gesa ubah status pandemi

Baca juga: Menkes: Pemerintah pertimbangkan ubah status COVID-19 menjadi endemi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022