Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan para pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru dilantik harus dapat mengelola berbagai program prioritas terkait sektor kelautan dan perikanan nasional.

"Saya berharap semua Pejabat Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik pada hari ini dapat mengawal tiga Program Prioritas dengan baik dan saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai target kinerja utama yang telah ditetapkan," kata Trenggono dalam keterangan acara pelantikan sembilan pejabat baru lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Jumat.

Sembilan pejabat baru tersebut terdiri dari dua jabatan Pimpinan Tinggi Madya, enam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, serta Direktur Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP).

Dua nama yang dilantik mengisi jabatan Pimpinan Tinggi Madya adalah Irjen Pol. Drs. Victor Gustaaf Manoppo, M.H sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL), dan Dr. I Nyoman Radiarta, S.Pi, M.Sc sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP).

Menteri Trenggono menjelaskan, tiga program prioritas KKP meliputi penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota, pengembangan budidaya perikanan yang berorientasi ekspor dengan komoditas unggulan antara lain udang, lobster, kepiting, dan rumput laut.

Kemudian, lanjut Menteri Kelautan dan Perikanan, adalah pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk menjaga komoditas perikanan bernilai ekonomis tinggi dari kepunahan serta untuk pengentasan kemiskinan.

Ia mengemukakan, pelantikan ini sebagai salah satu upaya KKP mengakselerasi program-program prioritas untuk menjaga kesehatan dan ketahanan laut dalam jangka panjang, memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya mengucapkan selamat bertugas untuk sembilan pejabat yang dilantik di amanah yang baru, bekerjalah dengan profesional dan berintegritas tinggi. Seperti yang sering saya sampaikan, bahwa tidak ada superman, yang ada adalah superteam," ujar Menteri Trenggono dalam sambutannya pada upacara pelantikan.

Pesan khusus lainnya dari Menteri Kelautan dan Perikanan kepada pejabat yang dilantik, mulai dari pemantauan optimal terhadap aktivitas menetap di ruang laut, serta pengawalan revisi UU Cipta Kerja.

Kemudian, peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama pendidikan vokasi yang ditujukan kepada nelayan, hingga penguatan kolaborasi untuk memajukan usaha nelayan, pembudidaya, pengolah, pemasar, dan petambak garam, serta mengoptimalkan aset-aset yang telah dibangun oleh KKP.

Baca juga: KKP perlu data akurat nelayan kecil atasi kemiskinan di daerah pesisir

Baca juga: KKP ingatkan izin pemanfaatan ruang laut ke pengelola kawasan PIK

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022