Kita berharap ke depan produksi pupuk di sini jauh lebih banyak lagi karena potensi yang dimiliki PIM sangat menjanjikan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap produksi pupuk yang dihasilkan dari PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) bisa terus ditingkatkan agar sesuai dengan potensi dan kapasitas pabrik yang ada dan memastikan ketersediaan pupuk nasional aman.

"Kita berharap ke depan produksi pupuk di sini jauh lebih banyak lagi karena potensi yang dimiliki PIM sangat menjanjikan," kata Mentan Syahrul saat mengunjungi gudang utama Pupuk Iskandar Muda, di Aceh.

Mentan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan Pupuk Iskandar Muda selama ini memiliki potensi yang sangat luar biasa dan sudah bergerak maju dalam meningkatkan produksi pupuk.

Mentan mengatakan Pupuk Iskandar Muda memiliki dua industri besar yang berlokasi di area yang sama. Namun satu industri lainya tidak bisa dioperasikan karena memiliki masalah dengan gas. Karena itu, Syahrul mengaku dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk mengoptimalkan produksi pupuk oleh PIM.

"Saya akan komunikasikan dengan Menteri ESDM, tentu saja karena kami yang butuh, maka kita akan bersama-sama mencari dari mana sumber untuk berakselerasi agar pabrik pabrik dan industri kita beroperasi. Apalagi kapasitas yang kita butuhkan banyak sekali, jutaan," katanya.

SYL menambahkan, industri pupuk sejatinya harus berkerja optimal demi memenuhi target produksi. Terlebih semua pertanaman yang dilakukan membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi.

"Biar bagaimanapun industrinya harus banyak kan, apalagi kita sudah punya pabrik. Sekarang persoalannya gasnya harus bisa tersuplai. Inilah yang menjadi perintah Bapak Presiden untuk mengenergi semua pabrik pupuk yang dibutuhkan. Dan intinya semua pertanaman butuh pupuk agar produksi meningkat," kata Syahrul.


Baca juga: PIM kembali operasikan pabrik amonia setelah terhenti 10 tahun
Baca juga: Wamentan dorong pabrik Pupuk Iskandar Muda I beroperasi kembali
Baca juga: Pupuk Iskandar Muda jamin pupuk tersedia, dukung ketahanan pangan
Baca juga: Pupuk Iskandar Muda kembali produksi pupuk subsidi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022