Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) meraih tiga rekor baru dalam Guinness World Records untuk jumlah pengikut media sosial terbanyak yakni di platform media sosial Instagram, TikTok, dan Twitter.

Pada Februari 2022, pengikut BTS di Instagram mencapai 60.151.959, terbanyak untuk kategori grup idola mana pun di platform itu.

Rekor sebelumnya juga dipegang BTS yang awalnya memecahkan rekor pada April 2021 setelah memiliki lebih dari 40.220.226 pengikut, seperti dikutip dari Soompi, Sabtu.

Grup beranggotakan tujuh personel itu kemudian memecahkan rekor baru lagi ketika para anggota membuat akun individu pada Desember 2021. Hanya dalam waktu 5 jam, V memecahkan rekor dunia untuk waktu tercepat dalam mencapai 1 juta dan 10 juta pengikut di Instagram.

Keberhasilan mereka terbawa ke TikTok di mana akun resmi BTS memiliki 45,7 juta pengikut, menjadikan mereka grup dengan pengikut terbanyak di TikTok dan juga menempatkan mereka pada posisi 16 di antara akun platform paling populer secara keseluruhan.

BTS juga menjadi grup yang paling banyak diikuti di Twitter dengan lebih dari 44.167.059 pengikut beberapa waktu lalu. Rekor terakhir dibuat grup One Direction, yang mengumpulkan lebih dari 31,7 juta pengikut pada tahun 2017.

Selain memiliki jumlah pengikut yang banyak, BTS memegang berbagai rekor dunia lainnya terkait Twitter. Pada tanggal 29 April 2019, BTS dan penggemar mereka ARMY mendaftarkan 422.228 keterlibatan di platform yang mencatat rekor keterlibatan Twitter terbanyak (rata-rata retweet) untuk grup musik (yang telah mereka pecahkan empat kali) dan keterlibatan Twitter terbanyak (rata-rata retweet) .

BTS sekarang memiliki total 28 gelar rekor dunia dan masuk ke dalam Guinness World Records Hall of Fame pada September 2021 untuk pencapaian mereka.

Baca juga: Tiket konser BTS dijual hari ini, berikut syarat pembeliannya

Baca juga: BTS jadi global brand ambassador Garena Free Fire

Baca juga: BTS menangkan IFPI dua kali berturut-turut

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022