Jakarta (ANTARA) - Michelin Guide menangguhkan seluruh rekomendasi restoran di Rusia sebagai respons invasi atas Ukraina.

​​​​​Semua proyek pembangunan Rusia kini dibekukan, kata Michelin Guide dalam pernyataan, dikutip dari Reuters, menambahkan seluruh aktivitas daring dan media sosial di Rusia juga ditangguhkan.

"Mengingat parahnya krisis saat ini, tim Michelin Guide harus mengambil keputusan menangguhkan seluruh aktivitas rekomendasi restoran di Rusia," kata Michelin.

Michelin pada 2021 menerbitkan pilihan pertama untuk Moskow, meliputi sembilan restoran yang dianugerahi bintang, bukti peringkat di antara restoran terbaik dunia.

"Kami memutuskan tidak mempromosikan Moskow sebagai destinasi," kata Michelin. "Sebagai hasilnya, pilihan di Moskow tidak akan diperbarui tahun ini."

Panduan Moskow dari Michelin, satu-satunya di Rusia, saat ini berisi daftar 69 restoran.

Panduan yang dikembangkan sejak awal abad e-20 oleh Michelin sebagai pendamping saat bepergian adalah salah satu peringkat paling berpengaruh di dunia untuk restoran dan hotel, dengan banyak edisi negara dan kota.

Michelin Guides diterbitkan per tahun, jadi setiap peringkat atau bintang harus diperbarui tiap tahun.

Juru bicara Michelin mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah Guide akan mengakhiri aktivitas di Rusia secara permanen.

Dalam siaran resmi, Michelin mengatakan "keputusan ini sama sekali tidak mempertanyakan bakat tim dan para koki."

Baca juga: 7 sentra kuliner di Singapura, favorit artis hingga diakui Michelin

Baca juga: Resep ayam goreng renyah lemon dari chef Michelin Star

Baca juga: Bvlgari sumbang makanan berbintang Michelin untuk tenaga medis

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022