Jakarta (ANTARA) - Olympic Lyonnais mencatat kemenangan besar 4-1 atas tuan rumah Lorient yang dua gol di antaranya dicetak Romain Faivre dalam pertandingan Liga Prancis, Sabtu dini hari WIB.

Lyon berhasil mengatasi kekecewaan karena kalah di kandang sendiri dari Lille dalam pertandingan sepekan sebelumnya.

Lyon tampil mengendalikan penuh laga ini sejak menit pertama dengan memperagakan permainan mengalir nan cepat.

Tidak butuh waktu lama bagi tim asuhan Peter Bosz untuk unggul atas Lorient ketika permainan apik antara Karl Toko Ekambi dan Lucas Paqueta membuat Romain Faivre mencetak gol dari tepi kotak penalti pada menit kelima.

Baca juga: PSG akan sekuat tenaga cegah Mbappe gabung Madrid

Upaya pertama Lorient menjebol gawang tim tamu berasal dari kapten Laurent Abergel yang tendangannya dari jarak 18 yard ditepis oleh kiper Lyon Anthony Lopes pada menit ke-20.

Tiga menit kemudian Lyon seharusnya menggandakan kedudukan ketika umpan terobosan nan cerdas dari Houssem Aouar mencapai Paqueta, tetapi upaya pemain Brazil ini digagalkan oleh kiper Matthieu Dreyer.

Tim tamu tidak perlu menunggu lama untuk mencetak gol keduanya.

Sebuah serangan balik dari sisi kiri lapangan memungkinkan Emerson mengirimkan umpan silang rendah kepada Moussa Dembele yang dengan indah melepaskan sontekan dengan lutut untuk memperbesar keunggulan Lyon pada menit ke-26.

Meskipun disokong habir oleh penonton tuan rumah, Lorient benar-benar tengah diajari oleh Lyon sekalipun lapangan tengah diwarnai duel sengit antara dua gelandang, Aouar dan Maxence Caqueret.

Pada menit ke-42 Lorient kebobolan untuk ketiga kalinya dan kali ini oleh gol Karl Toko Ekambi. Beruntung gol ini dianulir karena offside.

Baca juga: Demi Sergej Milinkovic-Savic, PSG siap gelontorkan Rp1,2 triliun

Lorient menyia-nyiakan kesempatan memperkecil ketertinggalan menjelang turun minum ketika Terem Moffi tidak mampu mengalahkan Lopes padahal sudah berhadapan satu lawan satu.

Lorient akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-57 ketika Moffi menyundul bola ke tiang belakang yang menembus barisan pertahanan Lyon dan sekaligus mencatatkan gol keempatnya musim ini.

Tapi semenit kemudian Toko Ekambi melepaskan tendangan mendatar yang menaklukkan Dreyer sehingga Lyon memulihkan keunggulan dua gol.

Les Gones memastikan kemenangan ketika Faivre mencetak gol lagi pada menit ke-78 .

Kemenangan ini membawa pasukan Peter Bosz naik ke urutan keenam klasemen Liga Prancis atau lima poin di belakang Nice yang menduduki urutan ketiga. Lorient sendiri tetap urutan ke-16, demikian laporan laman Ligue 1 Prancis.

Baca juga: Presiden Lille tegaskan tak akan jual Sven Botman
Baca juga: Lyon nantikan Alexandre Lacazette pulang kampung

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022