Dunia terlalu besar jika Eropa dan Amerika mengisolasi sebuah negara, dan terlebih lagi negara sebesar Rusia. Ada banyak negara di dunia ini
London (ANTARA) - Negara-negara Barat bertingkah seperti bandit dan Rusia terlalu besar untuk diisolasi, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Sabtu.

Peskov mengatakan bahwa Barat terlibat dalam "banditisme ekonomi" terhadap Rusia.

Dia juga mengatakan bahwa Rusia terlalu besar untuk diisolasi karena dunia jauh lebih luas dari Amerika Serikat dan Eropa.


Baca juga: Airbnb dan Booking hentikan aktivitas di Rusia

"Ini tidak berarti Rusia terisolasi," kata Peskov. "Dunia terlalu besar jika Eropa dan Amerika mengisolasi sebuah negara, dan terlebih lagi negara sebesar Rusia. Ada banyak negara di dunia ini."

Peskov mengatakan bahwa Moskow akan merespons tindakan Barat.


Baca juga: Mariupol terkepung, Rusia buka koridor kemanusiaan lima jam

Dia tidak menjelaskan respons apa yang akan diambil, hanya mengatakan respons itu akan sejalan dengan kepentingan Rusia.

Peskov menambahkan jika AS menjatuhkan sanksi pada ekspor energi Rusia, maka sanksi itu akan memberi guncangan besar pada pasar energi.

Aksi militer yang dilancarkan Rusia di Ukraina sejak pekan lalu telah memicu sanksi internasional, terutama dari negara-negara Barat.

Sumber: Reuters


Baca juga: MUI minta pemerintah ikut mendamaikan Rusia dan Ukraina

Baca juga: Ukraina akan impor gas dari Polandia mulai 6 Maret

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022