kita juga bangga dan apresiasi mulai tahun 2022 ini Unmul memprogramkan bagi anak yatim bisa masuk tanpa tes
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur memberikan apresiasi kepada Universitas Mulawarman ( Unmul) Samarinda yang telah memberikan kemudahan kepada anak yatim untuk masuk perguruan tinggi (PT) tanpa tes.

"Pemprov Kaltim setiap tahun memberikan beasiswa Kalimantan Timur Tuntas. Tapi, kita juga bangga dan apresiasi mulai tahun 2022 ini Unmul memprogramkan bagi anak yatim bisa masuk tanpa tes ," kata Gubernur Kaltim Isran Noor dalam keterangan yang diterima di Samarinda, Sabtu.

Kebijakan yang dilakukan Unmul akan diterapkan pada tahun ajaran 2022 tahun ini.

Menurut gubernur program ini disampaikan langsung oleh Rektor Unmul Prof Dr H Masjaya kepada dirinya.

Artinya, siapa saja anak yatim asalkan memiliki KTP sebagai warga Kaltim ingin masuk kuliah di Unmul tanpa mengikuti tes.

Prinsipnya, kata dia, inilah salah satu program nyata yang telah dilakukan Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah berjuluk "Benua Etam" itu.

"Kita harapkan dari program ini, akhirnya mampu menyiapkan SDM berkualitas di Benua Etam. Apalagi, Kaltim bersiap menghadapi IKN Nusantara. Tentu, SDM menjadi faktor utama yang harus dipersiapkan," kata mantan Bupati Kutai Timur ini.

Baginya, berbagai upaya yang dilakukan Pemprov Kaltim untuk menyiapkan SDM berkualitas dalam rangka menyukseskan pembangunan daerah termasuk IKN Nusantara.

"Bagaimana teknis pelaksanaan program ini, serahkan kepada pemerintah daerah menjalankan itu," demikian Isran Noor.

Baca juga: Koalisi Dosen Unmul Samarinda menolak tambang ilegal

Baca juga: Pemprov-Unmul tingkatkan kerjasama dengan universitas di Australia

Baca juga: Unmul gelar rembuk lingkungan hidup dan kehutanan

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022