Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (6/3) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, diantaranya capaian vaksinasi COVID-19 di Indonesia meningkat dan kajian sesar baru di Sumatera Barat (Sumbar).

192 juta lebih penduduk Indonesia sudah dapat suntikan vaksin COVID-19

Lebih dari 192 juta penduduk Indonesia telah mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Minggu.

​​​​​Data Satuan Tugas menunjukkan, penduduk Indonesia yang telah mendapat vaksinasi dosis pertama bertambah 168.062 orang menjadi total 192.003.490 orang.

BRIN dan ITB dukung temuan BMKG terkait sesar baru di Sumbar

Sejumlah pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan dukungan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atas hasil identifikasi sesar baru di Sumatera Barat.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (6/3), menyebutkan dalam webinar yang diselenggarakan BMKG, Prof. Danny Hilman Natawidjaja, dari BRIN dan Prof. Sri Widiyantoro dari ITB sepakat mendukung hasil identifikasi BMKG tersebut.

WHO: Hampir 6 juta orang meninggal karena COVID-19

Korban jiwa karena COVID-19 di seluruh dunia hampir mencapai enam juta orang, menurut data terkini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sampai dengan 4 Maret secara global, WHO telah mencatat 440.807.756 kasus terkonfirmasi COVID-19, termasuk 5.978.096 kematian, berdasarkan tampilan data pengawas kesehatan internasional tersebut.

Ratusan rumah warga di kabupaten OKU Sumsel terendam banjir

Ratusan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu (5/3) malam.

"Hujan deras yang terjadi tadi malam merendam sejumlah kawasan di Kecamatan Baturaja Timur," kata Manajer Pusdalpos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi di Baturaja, Minggu.

114 imigran Rohingya terdampar di Aceh

Sebanyak 114 imigran etnis Rohingya terdampar Kuala Muara Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Panglima Laot Bireuen Badruddin yang dihubungi dari Banda Aceh, Minggu, mengatakan imigran Rohingya tersebut terdampar di Kuala Muara, Minggu (6/3) sekira pukul 02.00 WIB.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022