Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar sebuah konten di TikTok yang mengabarkan Presiden Jokowi telah menyambangi Ameena Hana Nur Atta, yakni putri pasangan selebgram Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Kepala Negara, dalam video sepanjang satu menit tersebut, diklaim mendatangi kediaman Atta Halilintar untuk melihat langsung putri yang lahir pada 22 Februari 2022 itu.

Konten tersebut diawali dengan gambar kedatangan sebuah mobil yang mendapatkan pengawalan dari polisi. Mobil itu kemudian terlihat memasuki halaman sebuah rumah.

Gambar Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi pun dimuat pada detik ke-37 pada video yang diunggah sejak Minggu (6/3) itu. 

Presiden Jokowi tampak mengenakan setelan jas, dasi, kopiah, serta masker warna hitam. Sementara Iriana Jokowi mengenakan baju kurung, jilbab, serta masker warna krem, yang dipadukan selendang cokelat.

Tampak pula mendampingi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam cuplikan video tersebut.

Berikut narasi yang dimuat pengguna TikTok dengan 76.900 pengikut itu:
"moment presiden Jokowi kunjungi baby AMEENA. #BABYSULTAN,".

Namun, benarkah Presiden Jokowi mengunjungi putri Atta Halilintar-Aurel Hermansyah?
 
Tangkapan layar video TikTok yang menyatakan Presiden Jokowi kunjungi putri Atta Halilintar-Aurel Hermansyah (TikTok)


Penjelasan:
Dari penelusuran ANTARA, narasi soal kunjungan Presiden Jokowi ke kediaman Atta Halilintar itu merupakan informasi salah atau hoaks.

Cuplikan gambar yang memuat mobil dengan patwal itu faktanya merupakan kunjungan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ke kediaman Atta Halilintar. Kunjungan tersebut terdapat dalam video yang diunggah kanal YouTube AH pada 28 Februari 2022.

Sementara gambar identik Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, serta Menhan Prabowo Subianto dalam video TikTok itu, juga dapat ditemukan dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada 3 April 2021.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin juga mengatakan bahwa video tersebut hoaks. 

"Presiden Jokowi tidak mengunjungi anak Atta Halilintar. Mobilnya, rangkaian pengawalan juga beda," kata Bey saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Minggu.

Klaim: Presiden Jokowi kunjungi putri Atta Halilintar-Aurel Hermansyah
Rating: Hoaks

Baca juga: Atta Halilintar ungkap respon keluarga saat Aurel melahirkan sesar

Baca juga: Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sambut kelahiran anak pertama

Baca juga: Kenakan setelan jas, Presiden Jokowi jadi saksi pernikahan Atta-Aurel



 

Pewarta: Tim Jacx
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022