Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan 100 desa wisata dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), dapat berpartisipasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Sehingga kehadiran desa wisata dapat benar-benar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan terbukanya lapangan kerja,” kata dia saat melakukan visitasi ADWI 2022 di Desa Wisata Bantaragung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sebagaimana dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia optimis, desa-desa wisata di Jabar akan mampu menghadirkan peluang bagi masyarakat mengingat provinsi tersebut dianugerahi dengan potensi keindahan alam serta produk ekonomi kreatif yang beragam.

Contohnya ialah di Desa Wisata Bantaragung yang memiliki ragam potensi, seperti Ciboer Pass, Curug Cipeuteuy, dan Bukit Semar.

Selain itu juga memiliki potensi Burujul Sunrise Point (terasering) yang dikelilingi pegunungan seperti Gunung Jajar Sinapeul di bagian Utara dan Gunung Ciremai di bagian Selatan.

"Hamparan sawahnya mirip di Bali. Dan tentu harapannya juga ada pencak silat di sini agar terus dikembangkan ke depan dengan kolaborasi bersama," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga melihat adanya sawah yang masih dibajak secara tradisional. Baginya, hal ini harus dilestarikan agar Indonesia memiliki desa wisata yang berdaya saing, berkelas dunia, dan berkelanjutan.

Selain keindahan alam, Desa Wisata Bantaragung disebut kaya akan potensi produk-produk ekonomi kreatif, antara lain kuliner, fesyen dan kriya.

"Kita ingin desa yang membangun Indonesia, masyarakat desa harus dapat memberi inspirasi bagaimana kita bangun kearifan lokal berbasis komunitas dan berkelanjutan. Alhamdulillah, banyak desa wisata yang telah mampu membuka lapangan kerja dan bangkitkan ekonomi masyarakat setempat," ucap Menparekraf.

Baca juga: Sandiaga Uno dorong Subang gali potensi ekraf lebih dalam
Baca juga: Kemenparekraf fasilitasi Geopark Merangin jadi Unesco Global Geopark
Baca juga: Sandiaga fasilitasi pelatihan atlet jelang Piala Dunia Esports di Bali

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022