Pada masa pandemi COVID-19 ini, KAI terus berupaya untuk berinovasi dengan menghadirkan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto mengoperasikan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang pergi pulang (PP) mulai 11 Maret 2022.

"Namun pada tahap awal, KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP ini dioperasikan pada 11-13 Maret 2022 dan 18-20 Maret 2022," kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, pengoperasian KA Kamandaka tersebut ditujukan untuk mengakomodasi permintaan masyarakat Cilacap dan sekitarnya yang selama ini menginginkan bepergian ke Semarang dan sekitarnya dengan menggunakan kereta api.

Selain itu, kata dia, pengoperasian KA tersebut juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta perluasan layanan, sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian dengan menggunakan kereta api..

"Pada masa pandemi COVID-19 ini, KAI terus berupaya untuk berinovasi dengan menghadirkan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP agar dapat membantu konektivitas dan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api," katanya.

Lebih lanjut, Daniel mengatakan KA Kamandaka ini untuk sementara terdiri atas satu kelas layanan, yaitu ekonomi premium dengan kereta stainless steel.

Menurut dia, KA Kamandaka diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 13.55 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 20.22 WIB.

Dalam perjalanannya, KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang melayani penumpang di stasiun yakni Maos, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Prupuk, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, dan Semarang Poncol.

Sementara relasi Semarang Tawang-Cilacap, diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pada pukul 13.22 WIB.

Dalam perjalanannya, KA ini melayani penumpang di Stasiun Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Slawi, Prupuk, Bumiayu, Purwokerto, Kroya, dan Maos.

"Tiket KA tersebut sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access dan kanal eksternal yang telah ditentukan. Untuk menarik minat masyarakat menggunakan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang PP yang termasuk KA aglomerasi tersebut, akan diberlakukan tarif promo dengan harga mulai Rp70 ribu serta tarif khusus sebesar Rp20 ribu untuk relasi Cilacap-Purwokerto PP yang dapat dilayani dua jam sebelum keberangkatan dan selama tempat duduk masih tersedia," kata Daniel.

Ia mengatakan KAI berkomitmen menerapkan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah pada masa pandemi COVID-19 dengan tujuan agar setiap pelanggan tetap merasa aman dan nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan menggunakan kereta api.

Menurut dia, ha itu untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman sampai di stasiun tujuan.

Baca juga: KAI operasikan lagi KA Kamandaka dan Joglosemarkerto mulai 4 Oktober
Baca juga: KAI Purwokerto: KA Kamandaka kembali layani masyarakat mulai 19 Juni
Baca juga: KAI setop sementara KA Kamandaka dan Joglosemarkerto mulai 20 April

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022