Muamar Gaddafi tidak berada dalam kelompok itu"
Niamey (ANTARA News) - Sejumlah orang dekat Muamar Gaddafi, termasuk Kepala Keamanan Internalnya Mansour Daw, telah melintasi perbatasan ke Niger, kata sumber-sumber kepada AFP.

"Muamar Gaddafi tidak berada dalam kelompok itu yang tiba di Niger terdiri atas tiga warga Niger, Agaly Alambo dan dua saudara lelakinya dan 11 warga Libya, di antaranya Mansour Daw," kata salah satu sumber itu.

Warga Libya tersebut tiba di kota Agadez, bagian utara Niger, didampingi Alambo, pemimpin utama pemberontak Tuareg, Niger, yang memiliki hubungan dekat dengan Gaddafi.

Alambo adalah pemimpin Gerakan Keadilan Niger, yang merupakan kelompok pemberontak utama Tuareg sejak 2007. Dia tinggal di Libya sejak Gaddafi memprakarsai diakhirnya perjuangan tokoh itu melawan Niamey pada 2009.

Ketika negara-negara Barat mendukung oposisi Libya awal tahun ini, Alambo merekrut ratusan bekas pemberontak Niger untuk bertempur membantu Gaddafi.

April lalu orang-orang dekat Gaddafi dikabarkan tiba di Agadez dengan membawa tas-tas penuh berisi uang untuk merekrut ratusan anak muda.

Sekitar 1.500 bekas pemberontak Tuareg bertempur bersama pengikut Gaddafi, tapi sejak Tripoli jatuh ke tangan oposisi, ratusan dari mereka kembali ke Niger, sementara sekitar 500 orang lainnya mundur ke Sirte, kampung halaman Gaddafi.

Bulan lalu Niger mengakui secara resmi hanya oposisi atau Komite Peralihan Nasional (NTC) sebagai otoritas sah Libya.(*)

ANT/M016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011