Jakarta (ANTARA) - Peselancar Indonesia Rio Waida menargetkan juara saat kembali ke kompetisi profesional dengan mengikuti turnamen surfing Vans Bali Pro yang digelar di Pantai Kuta, Bali, pada 8-9 Maret.

"Halo teman-teman Indonesia, mulai besok saya akan bertanding di Vans Bali Pro presented by East Ventures di Pantai Kuta, dan saya sangat excited untuk mengikuti kompetisi lagi, dan tentu saja target nomor 1," ujar Rio dalam unggahan Instagram, Senin.

Vans Bali Pro merupakan turnamen Qualifying Series (QS) 1000 dan Pro Junior yang digelar liga selancar dunia World Surf League. Dikutip dari situs web resmi WSL, turnamen tersebut akan menjadi QS pertama seri regional 2022 dan acara WSL pertama yang diselenggarakan di Indonesia sejak 2019.

Sebagai acara pertama dari QS regional WSL Asia, Vans Bali Pro akan memainkan peran besar dalam menentukan perwakilan Challenger Series di kawasan Asia untuk tahun 2022.

Baca juga: PB PSOI sebut Rio Waida bikin surfing naik pamor

Acara tersebut menjadi sangat penting bagi Rio, yang merupakan salah satu harapan besar untuk kualifikasi Championship Tour (CT) di kawasan Asia.

"Vans Bali Pro ini sangat penting bagi saya," kata wakil Indonesia dalam Olimpiade Tokyo itu.

"Saya senang acara ini (digelar) di tempat saya tumbuh berselancar dan memiliki begitu banyak kenangan yang luar biasa. Ini adalah tempat kita semua datang sehingga akan ada kompetisi yang serius."

Dengan hanya enam tempat yang diperebutkan untuk putra dan putri di regional Asia, awal yang solid pada acara besok menjadi sangat penting bagi Rio

"Saya sangat bersemangat untuk kembali berkompetisi di Challenger Series lagi," kata Rio.

"Saya merasa karena masa-masa sulit yang saya alami tahun lalu, banyak yang harus saya buktikan. Saya belajar banyak tahun lalu dan seperti biasa tujuan saya adalah lolos ke Championship Tour WSL, dan semuanya dimulai besok."

Vans Bali Pro diharapkan menarik hampir 100 peselancar terbaik di regional Asia saat mereka mengincar kualifikasi Challenger Series atau tempat di WSL 2022 World Junior Championships.

Rio akan berkompetisi di Heat 1 bersama I Made Ariyana dan Kiring Jeren. Sementara, adik Rio, peraih emas PON Papua, Ryuki Waida, juga akan turun pada turnamen tersebut dengan bertanding di Heat 7 pada babak pertama Vans Bali Pro, Selasa.

Baca juga: Rio dan Ryuki Waida siap berjuang demi menembus Olimpiade Paris
Baca juga: Rio Waida terdepak di babak 16 besar Olimpiade Tokyo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022