Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Tegal dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp32 miliar yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Pada prinsipnya pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Sejak tahun 2018 sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia telah diserahkan dari pemerintah daerah kepada Kemenhub yang selanjutnya dalam pengelolaannya akan direvitalisasi untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Revitalisasi Terminal Tipe A Tegal tersebut direncanakan selesai pada bulan Oktober 2022 mendatang. Ia mengatakan saat sekarang ini pembangunan terminal sudah berbeda dari era sebelumnya.

Baca juga: Menhub tinjau terminal Tipe A Kota Tegal

“Dengan memakai skema mixed use dalam pemanfaatannya dapat bekerja sama dengan pihak swasta, seperti yang telah dilakukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo yakni membangun Convention Center, Sport Center, Food Court, maupun Mal Pelayanan Publik yang juga akan dilakukan di Terminal Tipe A Tegal ini,” ujarnya.

Disamping itu ia menyoroti keberadaan “Sekolah Terminal” yang sejak lama terdapat di Terminal Tipe A Tegal.

“Ada spot unik di Terminal Tipe A Tegal yakni terdapat sarana belajar Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti yang diperuntukkan bagi anak pedagang asongan maupun awak kendaraan yang mencari nafkah di terminal ini. Saya meminta agar nantinya disediakan tempat proses belajar mengajar yang nyaman,” tutur Budi.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY Eko Agus Susanto berharap dengan adanya revitalisasi ini dapat memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik kepada pengguna jasa transportasi serta menciptakan kebangkitan ekonomi untuk masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya, yang pada akhirnya mampu mempercepat program pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Menhub: Pembangunan Tirtonadi jadi contoh revitalisasi fungsi terminal



 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022