Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) sebagai pengelola destinasi berbasis kawasan cagar budaya mencatat kunjungan wisatawan yang menunjukkan tren pemulihan di saat libur panjang Nyepi 2022.

"Selama libur Nyepi 2022, destinasi candi yang di kelola PT TWC semuanya ada kenaikan kunjungan wisatawan," kata VP Marketing and Sales PT TWC Pujo Suwarno di Sleman, Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, kenaikan kunjungan wisatawan ini diantisipasi dengan menegakkan aturan protokol kesehatan sesuai aturan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 COVID-19 di Jawa dan Bali.

Baca juga: Pengunjung Candi Borobudur meningkat saat libur panjang

"Pada libur panjang perayaan Nyepi 2022 ini, PT TWC mencatat ada 31.505 wisatawan yang berkunjung ke destinasi TWC pada Kamis (3/3) hingga Minggu (6/3)," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan masih didominasi oleh wisatawan keluarga serta rombongan, baik dari dalam maupun luar daerah.

"Wisatawan yang berkunjung ke TWC Borobudur saat libur perayaan Nyepi, dari Kamis (3/3) hingga Minggu (6/3) mencapai 15.047, kemudian pengunjung TWC Prambanan pada periode yang sama mencatat sebanyak 14.884 wisatawan, sementara pengunjung TWC Kraton Ratu Boko sebanyak 1.574 wisatawan," katanya.

Pujo mengatakan, kenaikan angka kunjungan wisatawan sudah dimulai sejak Kamis (3/3). Adapun puncak kunjungan terjadi pada hari Sabtu (5/3) di semua destinasi.

"Tren pemulihan pariwisata ini dikarenakan munculnya rasa percaya diri wisatawan lantaran banyak orang yang sudah mendapat vaksin COVID-19, " katanya.

Ia mengatakan, PT TWC berkomitmen untuk terus menjadi contoh pengelolaan destinasi wisata yang baik berbasis kenormalan baru pascapandemi.

Baca juga: Candi Prambanan dan Borobudur resmi jadi tempat ibadah sedunia

"Hal ini dilakukan dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, penerapan PeduliLindungi, implementasi CHSE ke semua sektor pelayanan serta melaksanakan vaksinasi booster kepada seluruh karyawan demi keamanan, keselamatan bersama," katanya.

Fokus PT TWC, kata dia, yakni memastikan pengunjung bisa menikmati destinasi wisata dengan aman dan nyaman melalui implementasi protokol kesehatan yang baik.

"Selain itu juga dengan mempersiapkan customer care yang handal untuk memastikan pelayanan yang maksimal di lapangan," katanya.

Baca juga: Penggunaan sandal khusus naik ke Candi Borobudur diujicobakan

Baca juga: Pengelola Borobudur masih fokus kunjungan wisatawan nusantara

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022